Ratu Maxima Temui Menteri Darmin, Bahas Inklusi Keuangan Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Februari 2018 - 14:12 WIB

Ratu Maxima bertemu Menko Darmin (ist)
Ratu Maxima bertemu Menko Darmin (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menemui Ratu Maxima asal Belanda siang ini. Kedatangan Ratu Maxima merupakan utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Inklusi Keuangan.

Sebelumnya, Ratu Maxima di pagi harinya telah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Kedatangan Ratu Maxima beetujuan ingin melihat bagaimana perkembangan sistem inklusi keuangan yang ada di Indonesia, sesuai dengan tugasnya di PBB.

"Dia datang untuk mengecek berdiskusi bertukar pikiran sekalian melihat perkembangan inklusi keuangan di Indonesia," kata Darmin saat ditemui usai bertemu Ratu Maxima di Kantor Kemenko Perekoomian Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Darmin menceritakan, dalam pertemuan kurang lebih 1 jam tersebut Ratu Maxima menanyakan banyak hal, terutama kebijakan pemerintah dalam mempermudah dan memperbanyak akses masyarakat untuk dapat ikut dalam sistem inklusi keuangan.

"Yang kita jelaskan banyak, adalah lebih kepada program-program pemerintah terutama seperti bantuan sekolah, beasiswa yang semuanya itu pakai rekening, apalagi KUR atau PKH, bantuan non tunai semuanya itu, kita jelaskan," kata Darmin.

Darmin mengungkapkan bahwa permasalahan yang dihadapi pemerintah saat ini adalah soal data, seberapa besar masyarakat yang sudah memiliki akses ke perbankan dengan mempunyai rekening.

"Memang sejauh ukuran seberapa banyak presentase di masyarakat kita yang sudah punya rekening dan menggunakan rekening, tetapi yang kita mungkin masih kurang menjelaskan secara rinci perkembang tesebut," katanya.

Darmin juga bilang bahwa dalam pertemuan tersebut, Ratu Maxima menginginkan pemerintah untuk lebih mendorong penguatan data terhadap akses masyarakat terhadap sistem inklusi keuangan yang ada di Indonesia.

Darmin mengatakan, Ratu Maxima ternyata memuji program inklusi keuangan Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif merupakan salah satu program yang baik. Sehingga inklusi keuangan dapat mendukung pembangunan ekonomi berbasis masyarakat sekaligus mengurangi kemiskinan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:00 WIB

Kemenperin: Kebutuhan GKR untuk Industri Naik 6 Persen per Tahun

Kementerian Perindustrian memproyeksi kebutuhan gula kristal rafinasi (GKR) untuk sektor industri makanan dan minuman serta industri farmasi naik sebesar 5-6 persen per tahun.

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:00 WIB

Garuda Sudah Turunkan Tarif di Sejumlah Rute

PT Garuda Indonesia sudah menurunkan tarif penerbangan di sejumlah rute menyusul hasil konsolidasi Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) soal lonjakan…

The Parc Apartement tawarkan konsep coliving bagi kaum milenial, Foto : INDUSTRY.co.id

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:59 WIB

Ini Strategi Bisnis Pengembang South City di Tahun Politik

Mengawali tahun 2019 dan dalam momentum tahun politik PT Setiawan Dwi Tunggal terus optimis dalam mengembangkan bisnis korporasinya, yaitu melalui proyek apartemen di South City Cinere. Lantas…

PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) (Foto Ist)

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:00 WIB

Krakatau Steel Jalankan Dua Proyek Besar Tahun ini

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk akan menjalankan dua proyek strategis tahun ini. Proyek ini bertujuan untuk melakukan ekspansi kapasitas di bagian hilir dan menurunkan biaya produksi di bagian…

Swiss-Belhotel International Pecatu Bali, (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 15 Januari 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Luncurkan Promosi Global Sambut Tahun Baru Imlek

Swiss-Belhotel International, jaringan manajemen hotel global, merayakan tahun baru Imlek dengan memberikan penawaran menarik yang berlaku di seluruh properti Swiss-Belhotel International di…