Kunjungan Wisman ke Sabang Turun

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 13 Februari 2018 - 12:58 WIB

Sail Sabang 2017 (Foto:Ist)
Sail Sabang 2017 (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id - Sabang- Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang, Provinsi Aceh selama Januari hingga Desember 2017 mengalami penurunan signifikan yakni 39,91 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang tahun 2016 tercatat 10.038 orang dan tahun 2017 hanya 6.031 orang," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang M. Ali Taufik di Sabang, Selasa (13/2/2018)

Taufik mengakui, data kunjungan wisatawan tersebut diperoleh dari Departemen Perhubungan Derektorat Jendera Perhubungan Laut Kantor Administrasi Pelabuhan Sabang.

"Hampir 100 persen wisatawan yang berkunjung ke Sabang masih menggunakan jasa transportasi laut, dan kami sangat berharap para pihak dapat meningkatkan pelayanan di pelabuhan agar para wisatawan nyaman berkunjung ke Sabang," katanya lagi.

Lebih lanjut ia menyampaikan, menurunnya kunjungan wisatawan asing maupun wisatawan domestik ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) diantaranya disebabkan oleh faktor cuaca yang kurang bersahabat.

"Penyebab menurunnya kunjungan wisatawan salah satunya cuaca, bahkan akibat cuaca buruk tahun lalu ada kapal cruise dari Singapura yang membatalkan sandar atau merapat di Pelabuhan Sabang," tutur Plt Kepala Disparbud Kota Sabang.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tahun 2009 lalu telah menetapkan pulau terluar paling ujung barat Indonesia sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Bahkan untuk mendongkrat kunjungan wisatawan ke Sabang, Pemerintah Pusat bersama sejumlah kementerian, dan pemerintah daerah telah menyelenggarakan iven internasional yakni, "Sail Sabang" yang berlangsung sejak 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia". (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics Summit & Awards 2018

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:04 WIB

Lintasarta Sabet Penghargaan Kualitas Layanan Data Center & Cloud

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics…

Ilustrasi kredit perbankan

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:31 WIB

Kontribusi Kredit Perbankan di Palu Capai 0,5 Persen

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Berdasarkan data sementara yang diterima OJK, jumlah kredit perbankan di Provinsi Sulawesi Tengah sebesar Rp 27 triliun atau 0,5% dari…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:00 WIB

OJK Perkirakan Potensi Kredit Macet Sulteng Rp4 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan memperkirakan potensi kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) di Sulawesi Tengah akibat gempa dan tsunami mencapai Rp4,063 triliun dari total Rp27 triliun kredit…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:00 WIB

OJK dan Industri Bantu Korban Bencana di Palu

INDUSTRY.co.id

Palu - OJK bersama Industri Jasa Keuangan (IJK) menggalang dana untuk membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Kabupaten Donggala…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Setkab)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:40 WIB

Delapan Perusahaan Terima Tax Holiday Sejak Revisi PMK

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebanyak delapan perusahaan atau wajib pajak sudah menerima insentif pengurangan pajak penghasilan sejak revisi PMK mengenai "tax holiday".