Memberdayakan UMKM, Mandiri Syariah Resmikan Kampung Pala Bogor

Oleh : Wiyanto | Selasa, 13 Februari 2018 - 11:57 WIB

Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat, Rizqi Okto Priansyah dan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat, Rizqi Okto Priansyah dan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bogor-Mandiri Syariah dan Laznas BSM Umat Resmikan Kampung Pala Bogor. Peresmian program dilakukan melalui penanaman tiga ribu pohon pala oleh Direktur Risk and Compliance Mandiri Syariah, Putu Rahwidhiyasa dan Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat, Rizqi Okto Priansyah serta disaksikan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat, Rizqi Okto Priansyah menyampaikan Kampung Pala merupakan implementasi program Mitra Umat yang bertujuan untuk memberdayakan UMKM agar bisnis mereka terus berkembang.

“Kami melihat pebisnis UMKM saat ini belumbankable, untuk itu kami ingin berkomitmen untuk turut mendampingi UMKM guna meningkatkan kapasitas bisnis mereka sehingga dapat diproses oleh bank aliasbankable” kata Rizqi di Bogor, Senin (12/2/2018).

Laznas BSM Umat merupakan kepanjangan tangan dari Mandiri Syariah dalam mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) serta donasi sosial lainnya dengan sasaran muzakki/donatur perorangan maupun perusahaan.

Dalam pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik (golongan yang layak menerima), Laznas BSM Umat berfokus pada pemberdayaan potensi para mustahik. Sehingga mustahik memiliki peluang, mampu bersaing dan mempunyai tingkat kehidupan yang lebih baik.

“Salah satu contohnya adalah inisiasi program Kampung Pala. Program ini dirancang untuk menciptakan suatu wilayah yang masyarakatnya memanfaatkan pohon pala baik itu buahnya atau pohonnya. Sekaligus langkah untuk menjaga kelestarian pohon pala dan penghijauan” jelas Rizqi.

“Dukungan terhadap UMKM perlu diberikan, agar masyarakat kelas bawah dan menengah bisa naik tingkat serta mandiri. Bahkan bisa menjadi masyarakat sejahtera yang kemudian membantu yang lainnya” tambah Rizqi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…