Pasangan Cabub Djarot-Sihar Sungkem ke Tokoh Jawa di Sumut

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Februari 2018 - 07:20 WIB

Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)
Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus melakukan kunjungan silaturahmi dan sungkem kepada sejumlah tokoh Jawa di daerah itu.

Kunjungan dan sungkeman itu dilakukan Djarot-Sihar setelah ditetapkan sebagai pasangan cagub-cawagub melalui rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut di Medan, Senin (12/2/2018)

Sungkeman itu dilakukan Djarot-Sihar kepada sesepuh tokoh Jawa di Sumut Hj Chairiah Sudjono Giatmo dan seni tokoh yang tergabung dalam organisasi Putera Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma).

Dalam kunjungan silaturahmi tersebut, Djarot Saiful Hidayat mengaku sangat bahagia karena bisa mengunjungi Hj Chairiah Sudjono Giatmo yang merupakan sesepuh etnis Jawa di Sumut.

Kunjungan tersebut diibaratkannya sehingga silaturahmi dengan "sedulur" (saudara) yang sama-sama berasal dari Pulau Jawa.

"Sebagai sedulur, kita harus permisi ke saudara. Kebetulan kita sama-sama dari Jawa. Saya sudah menganggap beliau ibu," kata Djarot sembari tersenyum.

Sementara itu, Hj Chairiah Sudjono Giatmo mengaku sangat senang bisa bertemu dengan Djarot Saiful Hidayat secara langsung karena selama ini hanya bisa melihat mantan Gubernur DKI Jakarta itu melalui siaran televisi.

"Saya senang sekali, kebetulan bapak orang Kulonprogo Jogja. Saya melihat Nak Djarot sudah kayak anak sendiri. Jadi enggak ada penolakan, ini masalah hati juga. Maju terus," katanya.

Sekretaris Umum Pujakesuma Suherdi membacakan langkah-langkah yang akan dilakukan Pujakesuma dalam rangka memenangkan pasangan calon gubernur yang didukung PDI dan PPP tersebut.

Ia mencontohkan pembentukan struktur tim pemenangan Djarot Pujakesuma Centre yang bertugas mengkoordinir pengurus yang tersebar dj 24 kabupaten/ kota di Sumut.

Pihaknya juga akan memberikan pembekalan kepada pasangan Djarot-Sihar, baik mengenai perkembangan etnis Jawa mau pun kondisi Sumut terkini.

Cawagub Sumut Sihar Sitorus mengaku terharu atas penerimaan dan kepedulian etnis Jawa tersebut, apalagi almarhum orang tuanya mendapatkan kartu anggota kehormatan dari Pujakesuma.

"Pada tahun 2004, ayahanda saya, bapak saya almarhum DL Sitorus mendapatkan kartu anggota kehormatan dari Pujakesuma. Saya sangat terharu, saya ucapkan matur nuwun," ujar Sihar

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…