Ganjar Pranowo Sudah Serahkan Surat Cuti untuk Kampanye

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Februari 2018 - 07:18 WIB

Ganjar Pranowo Cagub Jateng Pilkada 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Ganjar Pranowo Cagub Jateng Pilkada 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Semarang- Calon gubernur Ganjar Pranowo sudah menyerahkan surat pengajuan izin cuti di luar tanggungan negara untuk mengikuti kampanye Pilkada Jateng 2018 kepada KPU Provinsi Jawa Tengah.

"Menurut keterangan dari bagian sekretariat, Pak Ganjar sudah menyerahkan surat izin cuti kepada KPU Jateng," kata Ketua KPU Provinsi Jateng Joko Purnomo di Semarang, Senin (12/2/2018)

Masa kampanye Pilkada Jateng dijadwalkan berlangsung 15 Februari hingga 23 Juni 2018, sedangkan pemungutan suaranya pada 27 Juni 2018.

Joko menjelaskan bahwa sesuai Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017, surat keterangan izin cuti petahana harus diserahkan ke KPU tingkat provinsi paling lambat pada hari pertama masa kampanye dan selama masa kampanye petahana dilarang menggunakan fasilitas negara.

Fasilitas negara yang tidak boleh digunakan petahana antara lain, mobil dinas pejabat negara, dan transportasi dinas lainnya, termasuk gedung, kantor, rumah dinas, rumah jabatan milik pemerintah, kecuali di daerah terpencil yang pelaksanaannya harus memperhatikan prinsip keadilan.

Ketua Divisi Pencalonan KPU Provinsi Jateng Ikhwanudin menambahkan, khusus bagi kandidat Pilgub Jateng yang berstatus sebagai anggota legislatif harus melengkapi surat pengajuan pengunduran diri sebagai legislator.

Dua calon pilkada tingkat provinsi yang berstatus sebagai legislator itu adalah Taj Yasin Maimoen yang tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Jateng, dan cawagub Ida Fauziyah sebagai anggota DPR RI.

"Yang bersangkutan harus menyerahkan surat pengajuan pengunduran diri, tanda terima pejabat yang berwenang atas penyerahan surat pengunduran diri, dan surat pernyataan bahwa pengunduran dirinya sedang dalam proses," ujarnya.

Ketiga surat tersebut, kata Ikhwanudin, harus diserahkan kepada KPU Provinsi Jateng paling lambat lima hari pascapenetapan pasangan calon atau paling akhir (Jumat (16/2).

Pilkada Jateng 2018 secara resmi akan diikuti pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…