Presiden Jokowi: Dengan Adanya Tol Jarak Tempuh Padang-Pekanbaru Hanya Tiga Jam

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 Februari 2018 - 12:27 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Padang - Presiden Jokowi telah meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru dengan ditandai peletakan batu pertama atau ground breaking tahap I ruas Padang-Sicincin.

Dikutip dari laman resminya, Mingu (11/2/2018), Presiden Jokowi mengatakan, jarak tempuh dari Padang ke Pekanbaru saat ini memakan waktu hingga sembilan jam perjalanan. Dengan adanya jalan tol tersebut nantinya akan memangkas waktu tempuh sampai 6 jam, sehingga hanya tinggal sekitar 3 jam.

"Hari Jumat kemarin, saya meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu. Panjangnya 244 kilometer dengan biaya pembangunan Rp78 triliun," ungkap Presidn Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, pada ruas jalan tol Padang - Pekanbaru ini nantinya juga akan dibangun beberapa terowongan yang panjang totalnya hampir sembilan kilometer, menembus perut pegunungan Bukit Barisan.

"Ini akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia, biayanya saja sembilan triliun rupiah," tambahnya.

Menurut Presiden Jokowi, dengan adanya jalan tol Padang-Pekanbaru akan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing.

Jika rampung di tahun 2023, lanjutnya, jalan tol ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap perekonomian Sumatera Barat dan sekitarnya.

"Bukan hanya soal pengangkutan produk-produk, tapi juga memudahkan akses wisatawan ke keindahan Sumatera Barat yang begitu lengkap: religi, budaya dan alamnya," pungkasnya.

Sekadar informasi, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru akan dilakukan dalam tiga tahap hingga tahun 2023 mendatang. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II menghubungkan Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III menghubungkan Sicincin-Bangkinan sepanjang 189 km.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Air Minum Dalam Kemasan (Ist)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:34 WIB

Pelindo III Kembangkan Bisnis Air Dalam Kemasan Incar Pemasok Kawasan Industri dan Terminal Pelabuhan

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara(BUMN) PT Pelindo III (Persero) mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih di kawasan industri dan terminal pelabuhan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Menteri Airlangga Pastikan Impor Bahan Baku Tidak Akan Dipersulit

Pemerintah tengah memfinalisasi peraturan pembatasan impor, hingga saat ini pengetatan lebih akan dilakukan terhadap barang konsumsi, tidak termasuk bahan baku dan barang modal.

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kebijakan Penguatan Devisa

- Pariwisata menjadi sektor andalan dalam mendukung strategi kebijakan penguatan cadangan devisa karena memiliki "balance of payments" atau neraca pembayaran yang selalu surplus.

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:01 WIB

Sawit Sumbermas Sarana Kembangkan Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus melebarkan sayap usaha dengan mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM).

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13 September 2018.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:58 WIB

Alpha Momentum Indonesia akan Gelar Event Pertamanya Starthub Connect

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13…