Presiden Jokowi: Dengan Adanya Tol Jarak Tempuh Padang-Pekanbaru Hanya Tiga Jam

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 Februari 2018 - 12:27 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Padang - Presiden Jokowi telah meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru dengan ditandai peletakan batu pertama atau ground breaking tahap I ruas Padang-Sicincin.

Dikutip dari laman resminya, Mingu (11/2/2018), Presiden Jokowi mengatakan, jarak tempuh dari Padang ke Pekanbaru saat ini memakan waktu hingga sembilan jam perjalanan. Dengan adanya jalan tol tersebut nantinya akan memangkas waktu tempuh sampai 6 jam, sehingga hanya tinggal sekitar 3 jam.

"Hari Jumat kemarin, saya meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu. Panjangnya 244 kilometer dengan biaya pembangunan Rp78 triliun," ungkap Presidn Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, pada ruas jalan tol Padang - Pekanbaru ini nantinya juga akan dibangun beberapa terowongan yang panjang totalnya hampir sembilan kilometer, menembus perut pegunungan Bukit Barisan.

"Ini akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia, biayanya saja sembilan triliun rupiah," tambahnya.

Menurut Presiden Jokowi, dengan adanya jalan tol Padang-Pekanbaru akan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing.

Jika rampung di tahun 2023, lanjutnya, jalan tol ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap perekonomian Sumatera Barat dan sekitarnya.

"Bukan hanya soal pengangkutan produk-produk, tapi juga memudahkan akses wisatawan ke keindahan Sumatera Barat yang begitu lengkap: religi, budaya dan alamnya," pungkasnya.

Sekadar informasi, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru akan dilakukan dalam tiga tahap hingga tahun 2023 mendatang. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II menghubungkan Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III menghubungkan Sicincin-Bangkinan sepanjang 189 km.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menyatakan PT Sariwangi Agricultural Estate Agency (SAEA) dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung pailit karena dinilai gagal membayar utang.

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:32 WIB

Perusahaan Teh Legendaris Sariwangi Divonis Pengadilan Bangkrut

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menyatakan PT Sariwangi Agricultural Estate Agency (SAEA) dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung pailit karena dinilai gagal membayar utang.

BNI Pecahkan Rekor MURI, Ajak 3.500 Pelajar Belajar Perbankan Serentak (Foto Rino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:31 WIB

BNI Pecahkan Rekor MURI, Ajak 3.500 Pelajar Belajar Perbankan Serentak

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, melalui salah satu Kantor BNI Wilayah Kemayoran mengajak sekitar 3.500 pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama untuk mengunjungi salah…

Direktur Metland Olivia Surodjo dan Head of Residential Keppel Land Indonesia Supardi Ang menunjukan maket The Riviera

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:17 WIB

Metland-Keppel Land Luncurkan Rumah Tapak Senilai Rp 10 Miliar

Pengembang properti, PT Metropolitan Land (Metland)Tbk melakukan join operation (JO) bersama dengan pengembang Singapura, Keppel Land Limited untuk pengembangan tahap ketiga proyek perumahan…

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics Summit & Awards 2018

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:04 WIB

Lintasarta Sabet Penghargaan Kualitas Layanan Data Center & Cloud

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics…

Homestay - foto IST

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:55 WIB

Homestay di Danau Toba Akan Berstandar ASEAN

Pengembangan kawasan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi prioritas memiliki potensi pariwisata yang besar. Dari sisi amenitas, Pengembangan homestay berstandart Asean terus dikebut. Goalnya…