Presiden Jokowi: Dengan Adanya Tol Jarak Tempuh Padang-Pekanbaru Hanya Tiga Jam

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 Februari 2018 - 12:27 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Padang - Presiden Jokowi telah meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru dengan ditandai peletakan batu pertama atau ground breaking tahap I ruas Padang-Sicincin.

Dikutip dari laman resminya, Mingu (11/2/2018), Presiden Jokowi mengatakan, jarak tempuh dari Padang ke Pekanbaru saat ini memakan waktu hingga sembilan jam perjalanan. Dengan adanya jalan tol tersebut nantinya akan memangkas waktu tempuh sampai 6 jam, sehingga hanya tinggal sekitar 3 jam.

"Hari Jumat kemarin, saya meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu. Panjangnya 244 kilometer dengan biaya pembangunan Rp78 triliun," ungkap Presidn Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, pada ruas jalan tol Padang - Pekanbaru ini nantinya juga akan dibangun beberapa terowongan yang panjang totalnya hampir sembilan kilometer, menembus perut pegunungan Bukit Barisan.

"Ini akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia, biayanya saja sembilan triliun rupiah," tambahnya.

Menurut Presiden Jokowi, dengan adanya jalan tol Padang-Pekanbaru akan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing.

Jika rampung di tahun 2023, lanjutnya, jalan tol ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap perekonomian Sumatera Barat dan sekitarnya.

"Bukan hanya soal pengangkutan produk-produk, tapi juga memudahkan akses wisatawan ke keindahan Sumatera Barat yang begitu lengkap: religi, budaya dan alamnya," pungkasnya.

Sekadar informasi, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru akan dilakukan dalam tiga tahap hingga tahun 2023 mendatang. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II menghubungkan Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III menghubungkan Sicincin-Bangkinan sepanjang 189 km.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:45 WIB

DPR Harap KASAL Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji mampu meningkatkan profesionalisme para prajuritnya agar mampu menghadapi…

Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA Nasional), saat berbicara di acara Forum Promoter 2018 Polri yang membahas tema Solusi Menuju Indonesia yang Berdaulat Adil dan Makmur Melalui Ketahanan Pangan, Rabu, 23 Mei 2018

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:35 WIB

Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia Pada 2045

Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara. Pangan memiliki…

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:33 WIB

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Era globalisasi dan makin terbukanya Indonesia bagi pasar asing menuntut lulusan perguruan tinggi di Indonesia memahami tantangan dan tuntutan bisnis saat ini sehingga mampu bersaing. Potensi…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:00 WIB

BSDE Anggarkan Belanja Modal Rp6 Triliun di 2018

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menganggarkan Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal sebesar Rp4 triliun-Rp6 triliun pada tahun 2018.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 18:45 WIB

Harga Minyak Mentah Global Naik, CPO Malaysia Lanjutkan Penguatan Harga Pekan ini

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (23/05/18) dibuka pada level RM2.468 per ton, atau lebih rendah 0,36% dibandingkan harga pada penutupan sesi perdagangan…