Presiden Jokowi: Dengan Adanya Tol Jarak Tempuh Padang-Pekanbaru Hanya Tiga Jam

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 Februari 2018 - 12:27 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Padang - Presiden Jokowi telah meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru dengan ditandai peletakan batu pertama atau ground breaking tahap I ruas Padang-Sicincin.

Dikutip dari laman resminya, Mingu (11/2/2018), Presiden Jokowi mengatakan, jarak tempuh dari Padang ke Pekanbaru saat ini memakan waktu hingga sembilan jam perjalanan. Dengan adanya jalan tol tersebut nantinya akan memangkas waktu tempuh sampai 6 jam, sehingga hanya tinggal sekitar 3 jam.

"Hari Jumat kemarin, saya meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu. Panjangnya 244 kilometer dengan biaya pembangunan Rp78 triliun," ungkap Presidn Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, pada ruas jalan tol Padang - Pekanbaru ini nantinya juga akan dibangun beberapa terowongan yang panjang totalnya hampir sembilan kilometer, menembus perut pegunungan Bukit Barisan.

"Ini akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia, biayanya saja sembilan triliun rupiah," tambahnya.

Menurut Presiden Jokowi, dengan adanya jalan tol Padang-Pekanbaru akan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing.

Jika rampung di tahun 2023, lanjutnya, jalan tol ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap perekonomian Sumatera Barat dan sekitarnya.

"Bukan hanya soal pengangkutan produk-produk, tapi juga memudahkan akses wisatawan ke keindahan Sumatera Barat yang begitu lengkap: religi, budaya dan alamnya," pungkasnya.

Sekadar informasi, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru akan dilakukan dalam tiga tahap hingga tahun 2023 mendatang. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II menghubungkan Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III menghubungkan Sicincin-Bangkinan sepanjang 189 km.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.