Menperin Pastikan Tiga Kawasan Industri Baru akan Beroperasi Tahun Ini

Oleh : Ridwan | Minggu, 11 Februari 2018 - 12:45 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Ketika Kunjungan Kerja Meninjau Kawasan Industri Morowali di Sulawesi Tengah
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Ketika Kunjungan Kerja Meninjau Kawasan Industri Morowali di Sulawesi Tengah

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar mendorong pengembangan kawasan industri ke seluruh wilayah di Indonesia.

Kemenperin berencana mengembangkan 3 (tiga) kawasan industri di tahun 2018 ini, yaitu kawasan industri Sei Mangkei Sumatera Utara, kawasan industri Morowali Sulawesi Tengah dan kawasasn industri Bantaeng Sulawesi Selatan.

"Pengembangan yang dilakukan adalah penyediaan lahan kawasan untuk perluasan, peningkatan kesiapan operasional kawasan industri, termasuk infrastruktur dan ketersediaan SDM hingga peningkatan investasi dengan dana yang akan digulirkan sebesar Rp 140,75 miliar," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu (11/2/2018).

Ia menambahkan, pengembangan yang dilakukan ini untuk memperbaiki iklim investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan baru.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, berdasarkan program nawacita Presiden Jokowi, pemerintah menargetkan dapat membangun 10 kawasan industri hingga tahun 2019. Sampai dengan saat ini sudah 10 kawasan industri yang beroperasi.

"Terget kami sudah tercapai, saat ini kita sedang fokus untuk mendorong investasi di dalam kawasan tersebut. Kalau hanya kawasan saja tidak ada isinya buat apa?. Investasi yang kita dorong," kata Putu.

Lebih lanjut, Putu mengungkapkan, dengan tambahan 3 (tiga) kawasan industri yang beroperasi tahun ini, dan tambahan lima kawasan industri pada 2019, maka total kawasan industri yang dibangun adalah 19. "Jumlah itu sudah melebih target program Pak Presiden," imbuhnya.

Seperti diketahui, Kemenperin menargetkan Kawasan industri diperkirakan menarik investasi sekitar Rp 300 triliun pada 2018.

Jika selama ini insentif hanya diberikan kepada industri, pemerintah kini berencana memberi insentif juga kepada pengembang kawasan industri. Insentif yang sedang digodok adalah kemudahan pengadaan tanah dan jaminan pasokan air baku.

Investasi tersebut yang terbanyak akan ditanam di 13 kawasan industri (KI) yang menjadi program pemerintah, yakni senilai Rp 250,7 triliun. Ke-13 KI itu adalah Morowali (Sulawesi Tengah), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei (Sumatera Utara), Bantaeng (Sulawesi Selatan), JIIPE Gresik (Jawa Timur), Kendal (Jawa Tengah), Wilmar Serang (Banten), Dumai (Riau), Konawe (Sulawesi Tenggara), KEK Palu (Sulawesi Tengah), KEK Bitung (Sulawesi Utara), Ketapang (Kalimantan Barat), KEK Lhokseumawe (Aceh), dan Tanjung Buton (Riau). Sedangkan sisanya akan diinvestasikan di kawasan industri yang lain.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto Paspamres berbisik ke Gubernur DKI Aneis Baswedan (TribunAceh)

Minggu, 18 Februari 2018 - 20:12 WIB

Beredar Video Paspamres Halau Gubernur DKI Jakarta di Piala Presiden

Jakarta-Beredar video pendek Gubernur Anies Baswedan dicegah paspamres untuk mengikuti Presiden Joko Widodo ke lapangan dalam rangka menyerahkan piala presiden ke Persija yang menjadi juara…

Presiden Jokowi dan Tim Persija Juara Piala Presiden 2018 (Foto Setkab)

Minggu, 18 Februari 2018 - 20:09 WIB

Istana Tegaskan Tak Cegah Gubernur Anies Dampingi Presiden Jokowi

Istana Kepresidenan menegaskan bahwa tidak ada arahan apapun untuk mencegah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mendampingi Presiden Joko Widodo saat penyerahan Piala Presiden 2018 kepada…

Es Krim Aice beri ucapan selamat pada pemenang Asian Games 2018. (Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 18:50 WIB

Aice Ucapkan Selamat Kepada Para Pemenang Atlet dan INASGOC Pada Asian Games 2018

Dalam rangka persiapan menyambut perhelatan akbar pesta olahraga Asian Games 2018, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) telah melangsungkan dengan sukses Asian Games 2018 Invitation…

Koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Baitul Maal wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu (BMT UGT ) Sidogiri menargetkan asetnya bisa tembus mencapai Rp 5 triliun hingga tahun 2020

Minggu, 18 Februari 2018 - 18:41 WIB

Koperasi Simpan Pinjam BMT UGT Sidogiri Targetkan Aset Tembus Rp 5 Triliun

Koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Baitul Maal wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu (BMT UGT ) Sidogiri menargetkan asetnya bisa tembus mencapai Rp 5 triliun hingga tahun 2020. Untuk tahun…

Wuling Cortez (ist)

Minggu, 18 Februari 2018 - 18:26 WIB

Cortez, MPV Dari Wuling Motors Resmi Meluncur di Yogyakarta

Peluncuran ini merupakan bentuk nyata komitmen Wuling Motors agar lebih dekat dengan konsumennya, selaras dengan semangat' Drive for a Better Life'.