Advent Bangun dari Karate, Aktor hingga Pendeta

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 10 Februari 2018 - 17:01 WIB

Advent Bangun dari Karate, Aktor hingga Pendeta (Foto Dok Industry.co.id)
Advent Bangun dari Karate, Aktor hingga Pendeta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Aktor laga yang sudah membintangi lebih dari 60 judul film nasional,  Advent Bangun,  meninggal dunia tadi pagi sekitar pk 07.30 . Sebelumnya aktor yg belakangan memilih jalan hidup sebagai pendeta ini, sempat di rawat karena komplikasi beberapa penyakit.

Siapa yang tak kenal sosok Advent Bangun di tahun 80 -90 an.  Pria asal Kabanjahe, Sumatera Utara, 12 Oktober 1952 ini memang aktor laga kawakan.

Dia tidak sembarang aktor laga, karena sebelum menjadi aktor dia atlit  bela diri karate. Bahkan  Advent Bangun adalah  atlet karate nasional. Kebutuhan akan pemain film yang memiliki keahlian beladiri membuat ia dilirik oleh produser.

Tahun 1971, Advent menjadi juara nasional karate dan selama 12 tahun berturut turut terus menjadi juara satu nasional tanpa ada yang mengalahkan sampai dia meninggalkan karier karatenya.

Setahun kemudian ia tampil di berbagai kejuaraan tingkat dunia hampir di seluruh Asia, Amerika dan Eropa.

Bosan dan tidak lagi punya musuh sepadan. Dia kemudian memilih jadi aktor film laga. Tak kurang dari 60 judul film pernah ia perankan.

Di film laga, ia nyaris selalu sebagai pemeran antagonis, dan selalu dipadankan dengan Barry Prima, aktor laga yang juga jago bela diri dalam setiap film laga. Jika keduanya dipadankan, maka akan menjadi jaminan jika film itu akan sukses.

Film pertamanya adalah ‘Rajawali Sakti’ pada tahun 1976, kemudian menjadi pemeran utama bersama Enny Beatrice dalam film ‘Satria Bambu Kuning’ pada 1985, ‘Anita’ di 1984 dan ‘Dendam Jagoan’ di 1986. Film-filmnya sering disutradarai oleh Atok Suharto, Ratno Timoer, dan Sisworo Gautama yang sangat populer pada waktu itu.

 

Hingga kini, para penggemar film laga bela di era 80-an masih merindukan aksinya. Namun Advent memang sudah 20 tahun menghilang dari dunia film laga dan memilih jadi pendeta.

Hanya lawan mainnya Barry Prima yang masih aktif, itu pun sebagai aktor komedi dan hanya sesekali menjalani adegan laga di beberapa sinetron dan film.

Terlahir dengan nama Thomas Advent Bangun, pria kelahiran Kabanjahe, Sumatera Utara ini sejak kecil mendapatkan didikan keras. Bapaknya, M.P. Bangun yang seorang jaksa sangat ketat menanamkan nilai-nilai disiplin dan kejujuran.

Kesuksesan semula membiusnya hingga suatu saat, sebuah kekuatan doa meluruhkannya dalam pangkuan gereja. Istrinya, Lois Riani Amalia Sinulingga lah yang selalu bergumul dalam doa hingga pertobatan tumbuh di hati Advent Bangun.

Sebagai seorang pendeta, dengan nama barunya Pendeta Muda Thomas Bangun, ia juga mempunyai karunia khusus dalam pelepasan dan penyembuhan. Banyak orang yang diselamatkan jiwa dan raganya.

Jenazah Advent sendiri akan dimakamkan besok, Minggu (11/2/2018) pukul 14.00 WIB di Taman Pemakaman Umum Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Dimakamkan besok pukul 14.00 WIB dari rumah, sebelumnya pukul 13.00 WIB akan dilaksanakan kebaktian terlebih dahulu,” ujar Harun Tambun, keponakan Advent di rumah duka Jl. Kecapi II No.64, Jagakarsa, Sabtu (10/2). (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketum Gerindra Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:20 WIB

Ketum Gerindra Prabowo Subianto Kantongi Tiket Capres 2019

Partai Gerindra menyebut ketua umumnya, Prabowo Subianto, telah memperoleh "tiket" menjadi calon presiden RI dari seluruh partai koalisi.

Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Lampung, Muhammad Kadafi

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:18 WIB

Kadin Lampung Tawarkan Pembentukan Tim Percepatan Bandara Internasional Radin Inten II

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Lampung (Pemprov) menawarkan pembentukan Tim Percepatan Internasional Bandara Radin Inten II kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

Official store Unilever Indonesia di Bukalapak

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:13 WIB

Bukalapak Luncurkan Official Store Unilever Indonesia

Bukalapak sebagai online marketplace terbesar di Indonesia, hari ini meluncurkan Official Store Unilever Indonesia. Para pengguna produk Fast Moving Consumer Goods atau FMCG dari brand ternama,…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:00 WIB

Sidak di Karantina Surabaya, Mentan Cek Kemudahan Perijinan dan Disiplin Pegawai

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan sidak pada hari ini Senin (16/7/2018) di Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, di Juanda, Surabaya, Jawa Timur - terletak kurang lebih…

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:56 WIB

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Akan Komisioning Launcher Gantry untuk Erection Steel Box Girder

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan launcher gantry sebagai alat erection steel box girder. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol…