70% Bahan baku Mamin Masih Mengandalkan Impor

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Januari 2017 - 17:32 WIB

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia
Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) menyatakan, 70% bahan baku makanan dan minuman (mamin) seperti gula dan garam masih diimpor karena kualitasnya tidak sesuai kebutuhan industri.

"Pemerintah harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas produk nasional, terutama gula. Saat ini, diperlukan kerja sama lintas sektoral, seperti Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian," kata Ketua Umum Gapmmi, Adhi S. Lukman di Jakarta, Senin (11/1).

Adhi juga meminta pemerintah tidak jadi menerapkan cukai plastik. Tahun lalu, wacana ini sempat muncul, namun dibatalkan.

"Jika cukai plastik diberlakukan, akan mematikan daya saing industri mamin," papar dia.

Adhi menambahkan, Industri mamin, merupakan industri prioritas dalam perekonomian Indonesia. Kontribusinya sudah mencapai 30% dari PDB manufaktur.

"Tahun ini, omzet industri mamin diperkirakan tumbuh 8,2% hingga 8,5% menjadi Rp1.400 triliun, level pertumbuhan itu sama seperti tahun lalu. Untuk tahun ini, pertumbuhan industri mamin tetap bagus, karena industri ini sudah menjadi industri prioritas," tutur Adhi. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi- Dirut BNI Achmad Baiquni (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 21 Januari 2018 - 22:00 WIB

Presiden Jokowi Serahkan 3.500 Sertifikat untuk Warga Lampung

Presiden RI Joko Widodo menyerahkan 3.500 sertifikat hak tanah kepada warga Provinsi Lampung di GOR Way Handak, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (21/1/2018)

Jamkrindo

Minggu, 21 Januari 2018 - 22:00 WIB

Jamkrindo Jamin Kafalah Pembiayaan LPDB-KUMKM

Surabaya- Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia menandatangani Perjanjian Kerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM)…

Kegiatan bisnis TIENS

Minggu, 21 Januari 2018 - 21:22 WIB

TIENS Pacu Distributor Tingkatkan Penjualan Dengan Berbagai Reward

Jakarta-Tiens Indonesia menitik beratkan bisnis degan menyasar anak muda, sebab generasi ini memiliki banyak kelebihan seperti perkembangan teknologi yang akan mempercepat penyebaran bisnis…

Presiden Jokowi (Foto Biro Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Padat Karya Tunai di Lampung Selatan

Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Minggu (21/1/2018).

Presiden Jokowi dan Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Januari 2018 - 19:47 WIB

Ini Kegiatan Presiden Jokowi di Sumatera Selatan

- Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu sore, (21/1/2018) setelah melakukan kunjungan kerja di wilayah Provinsi Lampung.