Pemerintah Pastikan Udara Bersih Saat Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 16:26 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah Kota Palembang menjamin kualitas udara dalam keadaan bersih dan segar saat pelaksanaan Asian Games 2018, karena kota tersebut sudah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2016.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Rabu (11/1/2017)  mengatakan, penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa kota metropolitan dengan udara terbersih di Indonesia menjadi penyemangat dan motivasi warga Kota Palembang untuk menyukseskan Asian Games.

"Bukan itu saja, penghargaan ini membuat jajaran pemkot semakin bersemangat membenahi lingkungan, apalagi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Harnojoyo.

Sementara itu dalam keterangan persnya, KLHK menjamin penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang berlangsung dalam kualitas udara yang baik.

Berdasarkan Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2016, sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016, terdapat tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan yaitu Palembang, Semarang, dan Jakarta Timur.

Program EKUP mendorong pemerintah daerah untuk membangun ruang terbuka hijau, transportasi berkelanjutan, hari bebas kendaraan, dan pembangunan jalur sepeda sepanjang 15 km di Palembang.

"Jakarta dan Palembang dengan kualitas Kota Langit Biru ini tentunya akan menunjang keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi.

KLHK menyusun Program EKUP sebagai salah satu upaya pengendalian pencemaran udara dari emisi kendaraan bermotor. Hasil pemantauan keseluruhan menunjukkan kualitas udara pada 2016 dibandingkan tahun sebelumnya relatif konstan meskipun jumlah kendaraan bermotor terus meningkat.

Badan Pusat Statistik menunjukkan pertumbuhan kendaraan pada 2015 mencapai 12 persen per tahun. Penyumbang kendaraan terbesar adalah sepeda motor yang dikhawatirkan menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kebisingan.

Asian Games XVIII diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018 meliputi 41 cabang olahraga (cabor), terdiri atas 33 cabor Olimpiade dan delapan cabor non-Olimpiade.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…