Pemerintah Pastikan Udara Bersih Saat Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 16:26 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah Kota Palembang menjamin kualitas udara dalam keadaan bersih dan segar saat pelaksanaan Asian Games 2018, karena kota tersebut sudah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2016.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Rabu (11/1/2017)  mengatakan, penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa kota metropolitan dengan udara terbersih di Indonesia menjadi penyemangat dan motivasi warga Kota Palembang untuk menyukseskan Asian Games.

"Bukan itu saja, penghargaan ini membuat jajaran pemkot semakin bersemangat membenahi lingkungan, apalagi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Harnojoyo.

Sementara itu dalam keterangan persnya, KLHK menjamin penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang berlangsung dalam kualitas udara yang baik.

Berdasarkan Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2016, sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016, terdapat tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan yaitu Palembang, Semarang, dan Jakarta Timur.

Program EKUP mendorong pemerintah daerah untuk membangun ruang terbuka hijau, transportasi berkelanjutan, hari bebas kendaraan, dan pembangunan jalur sepeda sepanjang 15 km di Palembang.

"Jakarta dan Palembang dengan kualitas Kota Langit Biru ini tentunya akan menunjang keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi.

KLHK menyusun Program EKUP sebagai salah satu upaya pengendalian pencemaran udara dari emisi kendaraan bermotor. Hasil pemantauan keseluruhan menunjukkan kualitas udara pada 2016 dibandingkan tahun sebelumnya relatif konstan meskipun jumlah kendaraan bermotor terus meningkat.

Badan Pusat Statistik menunjukkan pertumbuhan kendaraan pada 2015 mencapai 12 persen per tahun. Penyumbang kendaraan terbesar adalah sepeda motor yang dikhawatirkan menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kebisingan.

Asian Games XVIII diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018 meliputi 41 cabang olahraga (cabor), terdiri atas 33 cabor Olimpiade dan delapan cabor non-Olimpiade.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Idrus Marham (Foto Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:40 WIB

Mensos Idrus Marham Bantu Penerima PKH Koran Kebakaran

Menteri Sosial Idrus Marham memberikan bantuan kepada keluarga Hadra penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten…

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…