Pemerintah Pastikan Udara Bersih Saat Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 16:26 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah Kota Palembang menjamin kualitas udara dalam keadaan bersih dan segar saat pelaksanaan Asian Games 2018, karena kota tersebut sudah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2016.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Rabu (11/1/2017)  mengatakan, penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa kota metropolitan dengan udara terbersih di Indonesia menjadi penyemangat dan motivasi warga Kota Palembang untuk menyukseskan Asian Games.

"Bukan itu saja, penghargaan ini membuat jajaran pemkot semakin bersemangat membenahi lingkungan, apalagi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Harnojoyo.

Sementara itu dalam keterangan persnya, KLHK menjamin penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang berlangsung dalam kualitas udara yang baik.

Berdasarkan Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2016, sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016, terdapat tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan yaitu Palembang, Semarang, dan Jakarta Timur.

Program EKUP mendorong pemerintah daerah untuk membangun ruang terbuka hijau, transportasi berkelanjutan, hari bebas kendaraan, dan pembangunan jalur sepeda sepanjang 15 km di Palembang.

"Jakarta dan Palembang dengan kualitas Kota Langit Biru ini tentunya akan menunjang keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi.

KLHK menyusun Program EKUP sebagai salah satu upaya pengendalian pencemaran udara dari emisi kendaraan bermotor. Hasil pemantauan keseluruhan menunjukkan kualitas udara pada 2016 dibandingkan tahun sebelumnya relatif konstan meskipun jumlah kendaraan bermotor terus meningkat.

Badan Pusat Statistik menunjukkan pertumbuhan kendaraan pada 2015 mencapai 12 persen per tahun. Penyumbang kendaraan terbesar adalah sepeda motor yang dikhawatirkan menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kebisingan.

Asian Games XVIII diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018 meliputi 41 cabang olahraga (cabor), terdiri atas 33 cabor Olimpiade dan delapan cabor non-Olimpiade.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…