Pemerintah Pastikan Udara Bersih Saat Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 16:26 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah Kota Palembang menjamin kualitas udara dalam keadaan bersih dan segar saat pelaksanaan Asian Games 2018, karena kota tersebut sudah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2016.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Rabu (11/1/2017)  mengatakan, penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa kota metropolitan dengan udara terbersih di Indonesia menjadi penyemangat dan motivasi warga Kota Palembang untuk menyukseskan Asian Games.

"Bukan itu saja, penghargaan ini membuat jajaran pemkot semakin bersemangat membenahi lingkungan, apalagi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Harnojoyo.

Sementara itu dalam keterangan persnya, KLHK menjamin penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang berlangsung dalam kualitas udara yang baik.

Berdasarkan Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2016, sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016, terdapat tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan yaitu Palembang, Semarang, dan Jakarta Timur.

Program EKUP mendorong pemerintah daerah untuk membangun ruang terbuka hijau, transportasi berkelanjutan, hari bebas kendaraan, dan pembangunan jalur sepeda sepanjang 15 km di Palembang.

"Jakarta dan Palembang dengan kualitas Kota Langit Biru ini tentunya akan menunjang keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi.

KLHK menyusun Program EKUP sebagai salah satu upaya pengendalian pencemaran udara dari emisi kendaraan bermotor. Hasil pemantauan keseluruhan menunjukkan kualitas udara pada 2016 dibandingkan tahun sebelumnya relatif konstan meskipun jumlah kendaraan bermotor terus meningkat.

Badan Pusat Statistik menunjukkan pertumbuhan kendaraan pada 2015 mencapai 12 persen per tahun. Penyumbang kendaraan terbesar adalah sepeda motor yang dikhawatirkan menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kebisingan.

Asian Games XVIII diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018 meliputi 41 cabang olahraga (cabor), terdiri atas 33 cabor Olimpiade dan delapan cabor non-Olimpiade.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembuatan Sedan Mercedes-Benz, Gunung Putri Bogor (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 16:06 WIB

Penuhi Permintaan, Mercedes Benz The New Class akan Produksi di Indonesia

Mercedes-Benz baru saja memulai produksi mobil generasi terbarunya yaitu C-Class di pabriknya di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Produksi ini khusus untuk memenuhi pasar Indonesia.

Pameran Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) 2018 yang berlangsung pada tanggal 2-6 Mei 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang

Kamis, 13 Desember 2018 - 16:01 WIB

Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah, ISEF lahirkan kesepakatan kerjasama lebih dari Rp3 triliun

Bank Indonesia (BI) terus menjaga komitmennya untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, salah satunya dengan mendorong industri halal tanah air

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 15:05 WIB

Terkait BP Batam, Menperin: Keputusannya Single Otoriti di Pemda

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto turut mengomentari perihal pembubaran BP Batam.

Deputi Gubernur BI kiri dan Dirut BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:51 WIB

BNI Syariah Hadir Dalam Perhelatan International ISEF Surabaya

Surabaya - BNI Syariah kembali mendukung Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 yang digagas oleh Bank Indonesia untuk kelima kalinya.

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Franciscus Welirang (Foto: Kadin Indonesia)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:50 WIB

Kadin Nilai Tapioka dan Mocaf Bisa Dukung Ketahanan Pangan

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Franciscus Welirang mengatakan, Indonesia adalah negara yang telah dikarunia dengan kekayaan umbi-umbian,…