Pemerintah Pastikan Udara Bersih Saat Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 16:26 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah Kota Palembang menjamin kualitas udara dalam keadaan bersih dan segar saat pelaksanaan Asian Games 2018, karena kota tersebut sudah meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2016.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Rabu (11/1/2017)  mengatakan, penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa kota metropolitan dengan udara terbersih di Indonesia menjadi penyemangat dan motivasi warga Kota Palembang untuk menyukseskan Asian Games.

"Bukan itu saja, penghargaan ini membuat jajaran pemkot semakin bersemangat membenahi lingkungan, apalagi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Harnojoyo.

Sementara itu dalam keterangan persnya, KLHK menjamin penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang berlangsung dalam kualitas udara yang baik.

Berdasarkan Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2016, sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016, terdapat tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan yaitu Palembang, Semarang, dan Jakarta Timur.

Program EKUP mendorong pemerintah daerah untuk membangun ruang terbuka hijau, transportasi berkelanjutan, hari bebas kendaraan, dan pembangunan jalur sepeda sepanjang 15 km di Palembang.

"Jakarta dan Palembang dengan kualitas Kota Langit Biru ini tentunya akan menunjang keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi.

KLHK menyusun Program EKUP sebagai salah satu upaya pengendalian pencemaran udara dari emisi kendaraan bermotor. Hasil pemantauan keseluruhan menunjukkan kualitas udara pada 2016 dibandingkan tahun sebelumnya relatif konstan meskipun jumlah kendaraan bermotor terus meningkat.

Badan Pusat Statistik menunjukkan pertumbuhan kendaraan pada 2015 mencapai 12 persen per tahun. Penyumbang kendaraan terbesar adalah sepeda motor yang dikhawatirkan menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kebisingan.

Asian Games XVIII diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018 meliputi 41 cabang olahraga (cabor), terdiri atas 33 cabor Olimpiade dan delapan cabor non-Olimpiade.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Andi Sulaiman

Jumat, 21 September 2018 - 05:44 WIB

Menteri Amran ; Jangan Main-Main dan Coba Korupsi, Aku Sikat

INDUSTRY.co.id

Lembang Jawa Barat - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menyampaikan hal tersebut, dihadapan Masyarakat Tani Hortikultura, pada acara Spekta…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Jumat, 21 September 2018 - 05:38 WIB

Indonesia Food Watch Sebut Menko Darmin Sudah Pikun Data Pangan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Indonesia Food Watch membuka suara terkait polemik impor beras saat ini sehingga terjadi pro kontra kebijakan impor. Apalagi baru-baru…

Anto Kepala Bid Hub Antar Lembaga Forjim saat mengisi training JICBS

Jumat, 21 September 2018 - 05:32 WIB

Forjim Latih Jurnalistik 3000 Dai Parmusi

INDUSTRY.co.id -

Jakarta Forum Jurnalis Muslim (Forjim) menjalin kerja sama program dengan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi). Forjim akan mengisi pelatihan…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…