Peringati Hari Pers Nasional, BNI Ajak 100 Wartawan Berlatih Kewirausahaan Serta Gelar Pameran Kuliner Makanan Ala Sumbar

Oleh : Herry Barus | Kamis, 08 Februari 2018 - 21:44 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Ketua PWI Margiono (Dok Industry.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno dan Ketua PWI Margiono (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Padang, Sekitar 100 wartawan dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Bekal yang diperoleh dari Pelatihan Kewirausahaan ini dapat digunakan oleh para wartawan untuk menambah wawasan berbisnis sehingga mereka lebih siap dalam mengembangkan ide-ide usaha baru demi meningkatkan kesejahteraan awak media dan keluarganya.

Para wartawan juga diajak untuk mengunjungi Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (RKB) yang dikembangkan BNI. RKB BNI di Padang ini menggunakan aset milik PT Pos Indonesia di Padang, sebagai bentuk sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kunjungan ke RKB tersebut sekaligus membuka pandangan para wartawan bahwa pengembangan bisnis dapat dilakukan melalui perluasan marketing dari sekadar penjualan langsung ke penjualan secara online. Hal itu cocok dengan maksud pembangunan RKB BNI di Padang dan di 44 kota lainnya di Indonesia, yaitu mengajak pelaku usaha baru untuk menjual produk mereka secara online dan memanfaatkan situs-situs marketplace terutama Blanja.com untuk memasarkan produknya.

Pelatihan Wartawan tersebut digelar di RKB BNI, Jalan Bagindo Aziz Chan, Padang, Sumatera Barat, Kamis (8 Februari 2018). Hadir pada pembukaan acara tersebut Menteri BUMN RI Rini Soemarno, Ketua Umum PWI Pusat Margiono, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Bisnis Konsumer BNI Anggoro Eko Cahyo, serta sekitar 100 wartawan peserta pelatihan. Pelatihan ini diisi oleh dua pembicara yaitu pengusaha muda indonesia Witjaksono, serta pakar marketing & branding Anke Dwi Saputro.

Dalam sambutannya, Menteri Rini menyampaikan bahwa kegiatan vokasi untuk kewirausahaan wartawan ini akan diteruskan ditempat lain, dengan jumlah peserta yang lebih besar. "Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan akses maupun tambahan informasi dan pengetahuan bagi jurnalis untuk dapat mengaktualisasikan diri, termasuk dibidang wirausaha," jelas Rini.

Ketua Umum PWI Pusat Margiono mengatakan, bank BUMN sudah lama menjadi mitra wartawan dan bekerjasama setiap harinya. Insan pers nasional harus mampu meningkatkan kualitas kehidupannya. "Wartawan harus berkembang sehingga mendukung kualitas jurnalistik. Kami akan langsung minta ke Ibu Rini agar dilatih jadi entrepreneur sehingga fondasi ekonomi kita jadi semakin kuat," ujar Margiono dalam kesempatan sama.

Menteri Rini dan para wartawan peserta pelatihan juga disuguhi Pameran Kuliner yang digelar BNI, masih dilingkungan dekat RKB BNI di Kantor Pos Padang. Sebelum menghadiri pembukaan Pelatihan Wartawan, Menteri BUMN RI menyempatkan diri menyaksikan demo cara Pengolahan Masakan Rendang oleh Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sekaligus Menyicipi Masakan Khas Sumatera Barat tersebut.

Pada Pameran Kuliner ini, BNI mendirikan tiga booth yang digunakan untuk Restoran Siti Nurbaya, Rendang Asese, dan Ika Boga. Adapun BUMN lain yang turut mendirikan booth adalah PT Angkasa Pura II (Persero) untuk Kacang Goreng Batu Sangkar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk Rendang Ikan Enda, dan PT Pegadaian (Persero) menyajikan Lets Go Lele Siap Goreng.

Selain itu, PT Pelabuhan Indonesia II membawa Kacang Ayah, PT Semen Padang menyajikan Rendang Fatimah, Perum BULOG dengan Azzori Kuliner Minang, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memamerkan Lebon Olahan Tuna, dan PT Pos Indonesia (Persero) mengajak pembuat Rendang Yet. Adapun PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengajak Kripik Bawang Anda, dan Perum Jamrindo Dapoer Khansa. Pameran ini turut menyemarakan Hari Pers Nasional 2018.

Sebelumnya, beragam aktivitas terus mewarnai RKB BNI Padang ini. Pada tahun 2017, terdapat 4 kali pelatihan kewirausahaan yang digelar, salah satunya bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Pelatihan mencakup berbagai materi, yaitu penguatan usaha, hingga pelatihan pengelola RKB. Di Sumatera Barat, BNI juga membangun RKB di Payakumbuh.

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang banyak menikmati hasil Sinergi antar BUMN, termasuk diantaranya adalah dalam Sinergi Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) atau CSR. Sebagai contoh, BNI menjadi coordinator penyaluran CSR di Bukittinggi. Di kota ini, terdapat 6 BUMN yang bersinergi mengucurkan CSR yaitu Telkom Indonesia, PT Kereta Api, PNM, Semen Indonesia, Garuda Indonesia, dan BNI.

Dukungan BUMN di Bukittinggi diberikan dalam bentuk pembangunan tenda kuliner, toko souvenir, toilet & supply air bersih, tempat sampah, pagar, dan Canopy.

Selain itu, penyaluran CSR untuk pengembangan pariwisata juga dilakukan oleh 10 BUMN di Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu oleh BNI, Pembangunan Perumahan (PP), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Semen Indonesia, Pegadaian, Wijaya Karya, ITDC, Surveyor Indonesia, dan Telkom Indonesia. Pembangunan fasilitas pendukung dilakukan di Pantai Sago dalam bentuk Lokasi Ticketing, Pembangunan Gapura, dan Landmark.

BNI juga menggelar pelatihan Pengolahan Sampah di Padang, dengan menghadirkan 30 peserta dari 5 kota di Sumatera Barat, pada Maret 2017. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan yang menjadi syarat peningkatan sektor pariwisata di Sumatera Barat.

Melalui pelatihan ini, peserta diedukasi untuk dapat meningkatkan ketrampilan dan kreativitas dalam mendaur ulang serta memanfaatkan kembali bahan-bahan yang sudah menjadi sampah. Para peserta menjadi kader dalam memanfaatkan peluang usaha dari kegiatan daur ulang sampah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…