Hari Pers Nasional 2018 Dimeriahkan dengan Pesta Makan Bajamba

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 08 Februari 2018 - 19:00 WIB

Pesta Makan Bajamba (Foto: Ist)
Pesta Makan Bajamba (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id, Padang - Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang berlangung di Kota Padang tersebut, akan dimeriahkan oleh pesta adat Makan Bajamba pada Kamis Malam (8/2/2018). Tidak kurang dari 300 Jamba telah disiapkan dalam kegiatan yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Pesta adat Makan Bajamba merupakan tradisi unik Tanah Minang yang bisa diikuti puluhan hingga ribuan orang sekaligus. Mereka nantinya dibagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompok biasanya terdiri dari 5-7 orang yang duduk melingkar.

Tradisi ini juga dikenal dengan nama Makan Barapak dan dilakukan masyarakat Minangkabau pada hari-hari besar keagamaan, pesta atau upacara adat, dan hal penting lainnya.

“Makan Bajamba merupakan sebuah prosesi makan tradisional. Makan kebesaran dari prosesi adat untuk acara-acara penting. Maka dari itu kita hadirkan untuk memeriahkan HPN. Proses makannya adalah makan bersama dengan hidangan makanan tradisional Minangkabau,” ujar kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, dikutip dari berbagai sumber.

Uniknya dalam prosesi tersebut, ada satu orang yang bertugas sebagai janang atau orang yang ditunjuk tuan rumah untuk menemani tamu. Bukan hanya ikut makan, orang tersebut juga bertugas untuk menambah nasi atau lauk pauk.

“Nqaasi dan lauk pauk ini disajikan dalam satu nampan besar yang disebut talam. Untuk hidangan tidak usah ragu, Minangkabau itu rajanya masakan tradisional,” ujarnya.

Namun, dalam Makan Bajamba banyak aturan yang harus dipatuhi. Tujuannya agar tidak ada yang saling mengganggu. Orang yang lebih tua juga harus didahulukan untuk menyuap nasi. Tidak hanya itu, setiap orang hanya boleh mengambil nasi yang berada di depannya saja. Nasi pun harus dihabiskan.

Yang menarik adalah proses makannya, dimana tangan tidak boleh masuk ke mulut. Nasi yang akan dimakan harus dilontarkan ke mulut. Biasanya, tangan kiri berada di bawah tangan kanan agar bisa menampung nasi yang berjatuhan. Mereka yang sudah selesai makan tidak boleh langsung mencuci tangan, melainkan harus menunggu yang lainnya selesai makan.

“Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Makan Bajamba. Seperti nilai-nilai kebersamaan, di mana saat Makan Bajamba tidak ada perbedaan status sosial yang terlihat. Semuanya makan bersama-sama dan secara tidak langsung akan mempererat tali silaturrahmi antara sesama, menanamkan nilai sopan santun, saling menghargai dan menghormati orang lain,“ pungkas Nasrul.

Sementara, menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi wisata kuliner yang dikemas pada pesta adat Makan Bajamba. Selama ini, kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat identitas bangsa Indonesia di forum internasional. Kuliner juga menjadi identitas kota atau daerah yang sekaligus mempromosikan pariwisata kota tersebut.

“Indonesia mengenal banyak tradisi makan bersama. Jika di Bali ada Megibung, di Jakarta ada Ngeriung, di Minang ada Makan Bajamba. Ini kekayaan budaya kita. Wisatawan senang dengan budaya unik seperti ini. Saya yakin dampaknya pasti akan baik untuk pariwisata Sumbar,” kata Menpar Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Catur non master

Minggu, 18 November 2018 - 23:06 WIB

Lima Ratus Peserta Ramaikan Piala Catur Hatta Taliwang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Turnamen Catur non master dan master wanita di bawah umur 15 tahun, memperebutkan piala M Hatta Taliwang dalam rangka memperingati hari Pahlawan.…

Pedet

Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 19:42 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja dan PDB Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Berdasarkan data BPS, pada periode 2015-2017, produktivitas tenaga kerja pada sektor pertanian dan PDB sektor pertanian mengalami peningkatan…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…