Dahlan Iskan: Semua Orang Tidak Tahu Masa Depan

Oleh : Dina Astria | Kamis, 08 Februari 2018 - 13:26 WIB

Pengusaha Nasional Dahlan Iskan (Foto Dok Industry.co.id)
Pengusaha Nasional Dahlan Iskan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Padang-Ketua Serikat Perusahaan Surat Kabar (SPS) sekaligus pendiri Jawapos Grup Dahlan Iskan dalam konvensi nasional media massa pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 mengatakan masyarakat pers tidak perlu khawatir perkembangan digital media yang diprediksi bakal membunuh media konvensional.

"Perubahan-perubahan terakhir ini begitu cepatnya sehingga sulit sekali kita memperkirakan masa depan," kata Dahlan dalam pandangannya di Konvensi Media Massa Nasional di Hotel Grand Inna, Padang, Sumatera Barat, Kamis (8/1/2018).

Ia mengutip, kata dari pendiri Ali Baba Jack Ma yang mengatakan "semua orang tidak tahu masa depan". Inilah zaman menurut Dahlan dengan perubahan serta berkembangnya media digital yang begitu cepat tidak ada yang mengetahui seperti apa masa depan media kedepan.

"Karena itu sekarang ini, tidak usah terlalu banyak mendengar nasihat, prediksi, perencanaan jangka panjang. Sulit sekali," ucap Dahlan meyakinkan bahwa persaingan usaha media pasca revolusi digital tak perlu dikhawatirkan.

Oleh sebabnya, lanjut Dahlan jika sekarang media cetak kalah jauh jumlahnya dengan media online, baginya belum seberapa, nantinya kata Dahlan akan jauh lebih banyak lagi media online yang akan tumbuh.

"Karena 70 persen pemilik media online sekarang ini, berasal dari wartawan surat kabar," beber Dahlan

Faktor utamanya ujar mantan Menteri BUMN itu disebabkan oleh pandangan para wartawan surat kabar yang mendirikan online melihat tidak ada kemajuan pada surat kabarnya, ataupun pimpinan surat kabarnya tidak dapat diandalkan hingga pertimbangan gaji kecil.

"Melihat kenyataan yang baru ini mereka berpikir, lebih baik mendirikan media online, yang biayanya relatif murah yang pendapatannya cukup menjanjikan," ungkap Dahlan.

Dahlan mengatakan, hal tersebut tidaklah salah. Selain bisa mendapat pendapat lebih dari bekerja di surat kabar mereka bisa tetap eksis sebagai seoarang wartawan. Baginya, ancaman surat kabar kedepan akan terus kehilangan para wartawannya yang akan mendirikan media online masing-masing.

"Sehingga nanti, persaingan ini akan menjadi sangat bebas," tandas Dahlan.

Yang terpenting niatnya baik yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa membangun negara dan menjadi alat untuk mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan yang harus dihindari ialah jangan memeras, melanggar kode etik.

"Lakukan apa yang ingin anda lakukan sekarang ini," ujarnya menambahkan,"

Selain Dahlan, Acara Konvensi Nasional Media Massa ini turut juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi serta beberapa pemilik media yaitu Anindiya Bakrie. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…