Hikayat Kartu Kuning

Oleh : Jaya Suprana | Kamis, 08 Februari 2018 - 12:16 WIB

Jaya Suprana (Foto Dok Industry.co.id)
Jaya Suprana (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Warna kuning merupakan warna seragam para mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Namun akhir-akhir ini warna kuning popular sebagai warna kartu yang diacungkan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI ketika Presiden Jokowi berkunjung ke UI.

Satu di antara sekian banyak alasan pengacungan kartu kuning adalah kerisauan terhadap tragedi anak-anak kurang gizi di Papua.

Berbaik Hati

Sebenarnya Presiden Jokowi sudah berbaik hati ingin memberangkatkan Ketua BEM UI, Zaadit Taqwa ke Asmat, Papua agar dapat melihat sendiri mengenai apa yang sebenarnya terjadi di kenyataan lapangan. Namun ternyata Ketua BEM UI pengacung kartu kuning itu memilih berangkat dengan biaya yang dihimpun sendiri.

"Jangan sampai uang negara cuma digunakan untuk memberangkatkan mahasiswa. Biarkan kami menggunakan uang kami sendiri untuk berangkat ke Asmat," kata Zaadit melalui konferensi pers 6 Februari 2018.

Zaadit Taqwa atas nama BEM UI dan BEM fakultas se-UI telah menghimpun dana lewat situs penggalangan dana di internet. Zaadit Taqwa menyarankan uang yang sedianya bakal dialokasikan untuk pemberangkatan mahasiswa ke Asmat dialihkan ke hal lain yang bisa mempercepat perbaikan kondisi kesehatan anak-anak Asmat.

Kreatif

Sebagai warga awam politik, saya pribadi tidak berani melibatkan diri ke dalam polemik mengenai latar belakang politiskasus kartu kuning dan sempritan yang ditiup Zaadit Taqwa menyambut kunjungan Presiden Jokowi ke UI.

Namun sebagai pendiri Perhimpunan Pencinta Humor dan peneliti humor serta penulis buku Humorologi, saya menghargai kreatifitas indera humor Zaadit Taqwa yang menyampaikan kritik bukan dengan perilaku kekerasan namun dengan tiupan peluit dan acungan kartu kuning seperti yang lazim dilakukan wasit pertandingan sepakbola.

Melalui jalur humor, Zaadit Taqwa memberikan suriteladan kedewasaan sikap dan perilaku di dalam suasana alam demokrasi.

Generasi Zaman Now

Kekaguman saya terhadap anak muda generasi zama now ini makin bertambah setelah mengetahui bahwa ternyata Zaadit Taqwa bersama para rekan di BEM UI memilih berangkat ke Papua bukan atas biaya pemerintah namun dengan biaya yang dihimpun secara mandiri bahkan sambil menyarankan agar dana yang sedianya bakal dialokasikan untuk pemberangkatan mahasiswa ke Asmat dialihkan ke hal lain yang bisa mempercepat perbaikan kondisi di Asmat.

Berarti Zaadil Taqwa bukan saja memiliki kreatifitas indera humor di samping kedewasaan sikap dalam berdemokrasi plus peduli kemanusiaan namun juga semangat kemandirian yang tidak menuntut apa yang dapat diberikan negara untuk diri sendiri namun justru menuntut apa yang dapat dilakukan oleh diri sendiri bagi negara.

Kesemua budi pekerti luhur itu benar-benar layak diangkat menjadi suri teladan bagi para generasi muda sebagai para calon pemimpin bangsa, negara dan rakyat Indonesia di masa depan.

Jaya Suprana:  Pendiri Perhimpunan Pencinta Humor dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan_

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…