Properti Coworking Space Diprediksi Berkembang 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 08 Februari 2018 - 10:18 WIB

Coworking Space (Foto Do Industry.co.id)
Coworking Space (Foto Do Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) menyatakan usaha properti "coworking space" atau berbagi bersama area perkantoran bakal berkembang di Jakarta pada tahun 2018, mengikuti tren yang berkembang di kota besar lainnya di dunia.

"Coworking space adalah tren yang menarik dan bakal naik mengimbangi jasa perkantoran konvensional," kata Country Head JLL Indonesia, Todd Lauchlan, dalam paparan properti di Jakarta, Rabu (7/2/2018)

Sebagaimana diketahui, "coworking space" adalah sebuah kawasan kantor yang diisi beragam individu, bisa itu profesional, pekerja paruh waktu, maupun peneliti independen.

Konsep "coworking space" dinilai merupakan sebuah solusi terhadap permasalahan isolasi yang dihadapi oleh berbagai orang yang kerap melakukan pekerjaannya di rumah.

Menurut Todd Lauchlan, kecenderungan munculnya usaha properti "coworking space" telah menggejala di berbagai kota utama di dunia, yang terbesar adalah London.

"Indonesia kemungkinan akan mengejar tren seperti itu, yang kini telah muncul seperti di Singapura dan Hongkong," paparnya.

Sementara itu, Head of Research JLL Indonesia James Taylor mengatakan, saat ini persentase ruang perkantoran di Jakarta adalah sekitar 65 ribu meter persegi.

Dari jumlah tersebut, papar James Taylor, diperkirakan area jasa perkantoran konvensional masih mendominasi atau berada pada tingkatan sekitar 85 persen.

James juga menuturkan, pada saat ini usaha properti "coworking space" masih didominasi pemain lokal, tetapi hal itu kemungkinan bakal berubah pada 2018.

Hal tersebut, lanjutnya, karena berbagai perusahaan multinasional yang bergerak di sektor "coworking" juga diperkirakan ada yang berminat membuka cabangnya di Indonesia.

Pada saat ini, ujar dia, berbagai usaha "coworking space" di Jakarta umumnya masih terletak di gedung perkantoran yang ada di bangunan tipe B atau C, atau ruko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…