Kunjungi Menperin Airlangga, AFI Keluhkan Keberatan Atas Terbitnya Permendag Nomor 22/2018

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Februari 2018 - 05:35 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) Rahman Tamin (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) Rahman Tamin (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) keluhkan keberatan atas diberlakukannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22 Tahun 2018.

"AFI merasa keberatan karena dalam Permendag Nomor 22/2018 yang menghapuskan Pertimbangan Teknis (Pertek) dari Kementerian Perindustrian," ujar Kepala BPPI Kemenperin, Ngakan Timur Antara saat dihubungi INDUSTRY.co.id seusai mendampingi Menperin Airlangga bertemu Ketua Asosiasi AFI, Rahman Tamin di Kantor Kemenperin, Jakarta (7/1/2018).

Menurutnya, AFI merasa Pertimbangan Teknis (Pertek) dari Kemenperin dalam proses importasi besi masih sangat dibutuhkan.

Ngakan menyampaikan, Bapak Menperin Airlangga memahami kekhawatiran AFI. Akan tetapi, beliau mengatakan, aturan ini kan baru terbit, lihat dulu saja gejalanya seperti apa sekiranya ada gejala peningkatan impor diminta Asosiasi bisa menyuarakan lebih sering serta koordinasi denganpihak Kenenperin.

Seperti diketahui, kebutuhan akan baja masih belum bisa dipenuhi oleh produsen dalam negeri. Saat ini produksi baja dalam negeri baru sekitar 45% dan sisanya ditutup oleh impor.

Sedangkan, jumlah kebutuhan baja nasional meningkat setiap tahunnya. Pada 2016 lalu kebutuhan dalam negeri sebanyak 12,7 juta ton, dan tahun 2017 diperkirakan sebanyak 13,4 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kamis, 20 September 2018 - 10:38 WIB

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kementerian PUPR dengan Korea Water Resources Corporation (K-Water) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama di bidang pengelolaan sumber daya air yang dilakukan oleh Dirjen Sumber Daya…

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Kamis, 20 September 2018 - 10:35 WIB

878 Formasi untuk Lulusan SLTA, Kemenkumham Buka Rekrutmen 2.000 CPNS

Sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 42 Tahun 2018 tanggal 2018, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka rekrutmen…

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)

Kamis, 20 September 2018 - 10:30 WIB

Masyarakat Harus Manfaatkan Teknologi Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia harus bisa memanfaatkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi.

Pemeliharaan Sistem Irigasi

Kamis, 20 September 2018 - 10:04 WIB

Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Sistem Irigasi Berperan Penting Wujudkan Ketahanan Pangan

Dalam upaya meningkatkan suplai air irigasi yang kontinu, pada periode 2015-2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan…

Department Head of Partnership and Smallholder PT Astra Agro Lestari Tbk, Tidar Bagaskara,

Kamis, 20 September 2018 - 10:00 WIB

Kemitraan Tingkatkan Produktivitas Petani Sawit

Produktivitas perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh petani swadaya masih tergolong rendah. Yakni berkisar 16-18 ton tandan buah segar (TBS) per hektar per tahun. Jika dirata-rata, TBS tersebut…