Kunjungi Menperin Airlangga, AFI Keluhkan Keberatan Atas Terbitnya Permendag Nomor 22/2018

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Februari 2018 - 05:35 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) Rahman Tamin (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) Rahman Tamin (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) keluhkan keberatan atas diberlakukannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22 Tahun 2018.

"AFI merasa keberatan karena dalam Permendag Nomor 22/2018 yang menghapuskan Pertimbangan Teknis (Pertek) dari Kementerian Perindustrian," ujar Kepala BPPI Kemenperin, Ngakan Timur Antara saat dihubungi INDUSTRY.co.id seusai mendampingi Menperin Airlangga bertemu Ketua Asosiasi AFI, Rahman Tamin di Kantor Kemenperin, Jakarta (7/1/2018).

Menurutnya, AFI merasa Pertimbangan Teknis (Pertek) dari Kemenperin dalam proses importasi besi masih sangat dibutuhkan.

Ngakan menyampaikan, Bapak Menperin Airlangga memahami kekhawatiran AFI. Akan tetapi, beliau mengatakan, aturan ini kan baru terbit, lihat dulu saja gejalanya seperti apa sekiranya ada gejala peningkatan impor diminta Asosiasi bisa menyuarakan lebih sering serta koordinasi denganpihak Kenenperin.

Seperti diketahui, kebutuhan akan baja masih belum bisa dipenuhi oleh produsen dalam negeri. Saat ini produksi baja dalam negeri baru sekitar 45% dan sisanya ditutup oleh impor.

Sedangkan, jumlah kebutuhan baja nasional meningkat setiap tahunnya. Pada 2016 lalu kebutuhan dalam negeri sebanyak 12,7 juta ton, dan tahun 2017 diperkirakan sebanyak 13,4 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja S. Darmono bersama Chief Representative Creed Group Indonesia Tatsuya Ichinomiya serta Direktur PT Jababeka Creed Residence Handoyo Lim saat acara product knowledge Kawana 2 Concierge Golf Apartment

Rabu, 21 November 2018 - 21:10 WIB

Kawana I Laris Manis, Jababeka Residence Luncurkan Apartemen Premium Kawana 2 Concierge Golf Apartemen

Setelah meraih sukses pada proyek Kawana Golf Residence, Jababeka bersama mitra asal Jepang Creed Group kembali melanjutkan kerja sama pengembangan proyek apartemen premium, Kawana 2 Concierge…

Taspen Gandeng BRI persiapkan Road To Second Career bagi ASN dan Pensiunan

Rabu, 21 November 2018 - 21:00 WIB

Taspen Gandeng BRI persiapkan Road To Second Career bagi ASN dan Pensiunan

PT. Taspen (Persero) menggandeng PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam rangka sinergi BUMN menyelenggarakan acara Pra-Launching Kewirausahaan Pensiun Indonesia 2018 yang bertema Road…

Ilustrasi industri Fintech (sindonews.com)

Rabu, 21 November 2018 - 20:41 WIB

Fintech Berpeluang Atasi Inefisiensi di Indonesia

Teknologi finansial atau "financial technology" (Fintech) dinilai sangat berpeluang untuk bisa membantu mengatasi inefisiensi di segala bidang di Indonesia.

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Rabu, 21 November 2018 - 20:33 WIB

Presiden Jokowi Minta Menterinya Terus Perbaiki Bidang Investasi

Presiden Joko Widodo meminta para menterinya terus melakukan perbaikan di bidang investasi sehingga Indonesia lebih kompetitif.

Bank Pembangunan Asia/ADB (Foto ist)

Rabu, 21 November 2018 - 20:22 WIB

ADB: Pasar Obligasi Indonesia Tumbuh Cepat Triwulan III-2018

Laporan Bank Pembangunan Asia (ADB) terbaru menyatakan pertumbuhan pasar obligasi Indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di kawasan Asia dalam periode triwulan III-2018.