ILUNI UI Berikan Penghargaan Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI kepada Sejumlah Tokoh Berprestasi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 Februari 2018 - 13:52 WIB

ILUNI UI Berikan Penghargaan Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI kepada Sejumlah Tokoh Berprestasi (Foto Dok Industry.co.id)
ILUNI UI Berikan Penghargaan Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI kepada Sejumlah Tokoh Berprestasi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-    Pengurus Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menilai lulusan Universitas Indonesia (UI) sejak zaman  kemerdekaan hingga milenial saat ini telah berkiprah nyata dalam berbagai   perjuangan serta  pembangunan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Karya-karya nyata tersebut telah dirasakan manfaatnya bukan oleh bangsa  Indonesia maupun masyarakat dunia.

"Peran dan Karya nyata alumni UI terasa sangat penting  bukan hanya untuk  UI, bangsa Indonesia tapi juga masyarakat dunia, "papar Ketua umum ILUNI UI Arief Budhi Hardono ketika memberikan sambutan di acara Pemberian Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI, Rabu (7/2) di Aula Imeri FKUI Salemba Jakarta. Hadir dalam acara tersebut antara lain Rektor UI Mohammad Anis, Menteri Negara Perencanaaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapenas Bambang Sumantri Brojonegoro,  Direktur Utama BCA  yang juga Alumni UI Jahja Setiaatmaja, Ketua Alumni UI Eman Sulaeman Nasim,  para alumni UI penerima Anugerah Apresiasi, guru besar,  dekan  serta dosen di lingkungan UI dan pengurus ILUNI Fakultas dan daerah.

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi atas karya nyata tersebut, pengurus ILUNI UI memberikan penghargaan Anugerah Apresiasi Karya Alumni UI. Penghargaan yang diadakan untuk kedua kalinya ini diberikan kepada Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio, Dirjen kekayaan Intelektual Freddy Haris serta Direktur Utama Rumah Sakit Pelni Dr dr Fathema Djan Rahmat.

Menurut Sekjen ILUNI UI Andre Rahadian, dipilihnya Tito Sulistio sebagai alumni penerima anugerah apresiasi karya alumni UI di bidang pasar modal, karena selama menjadi Dirut  BEI berhasil membawa Bursa mencapai indeks tertinggi sepanjang sejarah.

"Dr Freddy Haris terpilih karena pada saat beliau menjadi  Dirjen AHU berhasil mempercepat pendirian perusahaan di Indonesia. Selain itu juga memberikan kemudahan akses atau data perusahaan di Indonesia menjadi salah satu faktor penting dari Index Doing Busines yang diterbitkan world Bank" jelas Andre Rahadian.

Sedangkan Dr Fathema Djan Rachmat terpilih memperoleh penghargaan anugerah karena dianggap sukses memperbaiki kinerja  rumah sakit sebagai penerima BPJS terbesar.

Dalam sambutan kuncinya, Menteri Bambang Sumatri Brodjonegoro  mengakui UI dan para alumninya berkiprah nyata dalam pembangunan terutama penurunan angka kemiskinan. Di awal orde baru dengan bantuan UI dan para alumninya, negara berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 40 persen menjadi sekitar 12 persen.

"ILUNI UI berkontribusi nyata dalam upaya mencapai target dari tujuan pembangunan untuk Indonesia yang lebih baik sesuai profesi dan keahliannya masing-masing," kata Meneg dan Kepala Bappenas Sumatri Brodonegoro.

Bambang Sumatri Brodjonegoro juga berharap alumni UI untuk terus berkiprah dan berpartisipasi di pemerintahan.Selain itu pemerintah dan negara juga membutuhkan alumni-alumni UI  yang peduli pada pembangunan dan pengurangan kemiskinan.

Sedangkan Rektor UI Mohammad Anis menyampaikan, kemajuan UI dan kiprahnya di masyarakat dan bangsa ditentukan oleh para alumni dan dosen-dosen yang berkualitas. Selama ini alumni UI dan civitas akademika nya telah memberikan sumbangan yang nyata dalam pembangunan di Indonesia dan dunia.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…