PHRI Minta Hotel di Palembang Tingkatkan Pelayanan

Oleh : Irvan AF | Rabu, 11 Januari 2017 - 13:10 WIB

Ilustrasi pelayanan hotel. (Meila Kartdihardja/EyeEm)
Ilustrasi pelayanan hotel. (Meila Kartdihardja/EyeEm)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan meminta pengelola hotel pada 17 kabupaten/kota di provinsi ini untuk menjaga dan terus meningkatkan kualitas pelayanan serta fasilitas pendukung.

"Kualitas pelayanan dan fasilitas perlu tetap dipelihara dengan baik dan terus ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa bidang kepariwisataan," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Herlan Aspiudin, di Palembang, Rabu (11/1/2017).

Menurut dia, pengelola hotel jangan cepat puas dengan sertifikasi standar kelas yang telah dikantongi selama ini, karena jika kualitas pelayanan dan fasilitas suatu hotel menurun kelasnya juga akan diturunkan.

Sertifikasi standar kelas hotel memiliki batas waktu tiga tahun, dan jika masa batas waktu berakhir akan ditinjau ulang oleh tim PHRI masih tetap layak menyandang kelas yang diberikan semula atau justru diturunkan kelasnya.

Dia menjelaskan, sebagai gambaran hotel yang telah mengantongi sertifikasi kelas bintang bukannya tidak mungkin bisa diturunkan hingga ke kelas melati jika standar mutu manajemen, pelayanan, dan fasilitas pendukungnya tidak dipelihara dengan baik atau kualitasnya merosot tajam.

Sebaliknya tim juga akan memberikan apresiasi kepada pengelola yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas hotel dengan meningkatkan standar kelasnya, seperti dari bintang satu ke bintang dua atau lebih tinggi sesuai dengan standar yang ditentukan, katanya lagi.

Dia menjelaskan, dalam rangka pembinaan dan memotivasi pengelola hotel, tim PHRI terus melakukan evaluasi atau penilaian terhadap hotel yang tersebar di Kota Palembang dan beberapa kabupaten/kota Sumsel lainnya.

Dalam proses evaluasi tersebut, jika ditemukan hotel yang kualitas pelayanannya dan fasilitas pendukungnya mengalami penurunan akan diberikan pembinaan dan didorong untuk melakukan perbaikan.

Jika telah melalui proses pembinaan, pengelola hotel tetap tidak memperhatikan saran-saran perbaikan yang diberikan oleh tim, ketika akan mengajukan perpanjangan sertifikasi kelasnya akan diturunkan kelasnya, begitu sebaliknya jika mampu melakukan perbaikan yang lebih baik akan diapresiasi dengan peningkatan kelas, kata Herlan pula.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.