BPS Yakin Konsumsi Kembali Tumbuh Lima Persen

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 Februari 2018 - 06:54 WIB

 Suhariyanto Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) (dok-INDUSTRY.co.id)
Suhariyanto Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) (dok-INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyakini konsumsi rumah tangga bisa menunjukkan kinerja positif pada 2018 dan kembali tumbuh dalam kisaran lima persen, lebih tinggi dari capaian 2017 sebesar 4,95 persen.

"Menurut saya bisa mencapai lima persen lagikarena konsumsi untuk makanan, minuman, perumahan mulai bergerak," ujar Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (5/2/2018)

Suhariyanto mengatakan masyarakat sempat menahan belanja untuk kebutuhan barang ritel sehingga laju konsumsi rumah tangga sedikit melambat pada pertengahan 2017.

"Sejak triwulan dua, persentase pendapatan yang ditabung meningkat, artinya kelompok menengah keatas menahan sebagian belanja, karena itu pendapatan yang dikonsumsi akan turun," ujarnya.

Namun, ia memastikan tidak ada persoalan daya beli yang menganggu masyarakat karena laju inflasi terjaga pada kisaran dibawah empat persen dan pertumbuhan konsumsi untuk "leisure" tetap tinggi.

Menurut dia, pola konsumsi masyarakat akan berubah di 2018 yaitu lebih banyak dimanfaatkan untuk hiburan rekreasi atau "leisure" yang terlihat dengan tumbuhnya komponen transportasi dan komunikasi serta restoran dan hotel.

Selain itu, masyarakat juga mulai lebih peduli dengan masalah kesehatan sehingga konsumsi mulai dihabiskan untuk berobat ke dokter atau jasa layanan kesehatan lainnya.

"Pengeluaran konsumsi rumah tangga masih tumbuh karena adanya kenaikan konsumsi pada kelompok kesehatan dan pendidikan, restoran dan hotel serta transportasi dan komunikasi," kata Suhariyanto.

Tanda-tanda berubahnya pola konsumsi masyarakat terlihat pada triwulan IV-2017, karena penyumbang tumbuhnya konsumsi rumah tangga pada periode ini adalah tingkat hunian kamar hotel, penjualan makanan, minuman dan tembakau serta klaim bruto BPJS kesehatan.

Dalam periode ini, komponen kesehatan dan pendidikan tumbuh 5,52 persen, diikuti restoran dan hotel tumbuh 5,38 persen serta makanan dan minuman selain restoran tumbuh 5,37 persen.

Komponen lainnya adalah transportasi dan komunikasi tumbuh 4,97 persen, perumahan dan perlengkapan rumah tangga tumbuh 4,54 persen serta pakaian, alas kaki dan jasa perawatan tumbuh 3,62 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…