Alokasikan Rp 4,72 Triliun, Chandra Asri Mulai Bangun Pabrik di Cilegon

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 05 Februari 2018 - 14:03 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mulai pembangunan fasilitas paik polyethylene (PE) baru dengan kapasitas 400 kiloton pertahun (KTA) senilai Rp 4,72 triliun. Pembangunan paik ini ditargetkan untuk selesai pada akhir tahun 2019 dan mulai beroperasi pada 2020 dikawasan Petrokimia, Cilegon Banten.

 Oleh karena itu, pasca pengoperasioan paik ini perseroan menargetkan peningkatan kapasitas produksi PE menjadi 736 KTA dari kapasitas sekarang yang hanya 336 KTA.

"Permintaan pasar PE di Indonesia saat ini diperkirakan sekitar 1,4 juta TPA (ton per annum) dan akan terus tumbuh seiring dengan PDB negara. Paik PE kami yang baru akan menjadi sumber tambahan produk PE dalam negeri sebagai substitusi impor dan mengurangi arus keluar valuta asing,” jelas Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra seperti dikutip dari rilisnya, Senin (5/2/2018)

Paik baru ini akan menghasilkan high density polythylene (HDPE), linear low density polythylene (LLDPE), dan Metallocene LLDPE (mLLDPE). Adapun aplikasi dari zat tersebut ialah sebagai bahan baku blown film, karung beras, mainan, tutup botol, tas belanja, peralatan rumah tangga, tali, terpal, pipa, serta kontrak kontainer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…

Pertambangan di Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas…

Lion Air (Foto Ist)

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB

Tingkatkan Sektor Logistik, Lion Bidik Terbang ke Myanmar

Lion Air Group membidik Myanmar untuk pengembangan rute internasional di kawasana Asia Tenggara.

Digital Technology Indonesia bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event tersebut mengusung tema Digital Transformation & Industry 4.0.

Selasa, 25 September 2018 - 11:23 WIB

Digitech Indonesia 2018, Ajang Kesiapan Industri Sambut Revolusi Industri 4.0

Sekira 200 perusahan di bidang teknologi dan informasi bakal memeriahkan ajang Digital Technology Indonesia yang bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event…