Alokasikan Rp 4,72 Triliun, Chandra Asri Mulai Bangun Pabrik di Cilegon

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 05 Februari 2018 - 14:03 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mulai pembangunan fasilitas pabrik polyethylene (PE) baru dengan kapasitas 400 kiloton pertahun (KTA) senilai Rp 4,72 triliun. Pembangunan pabrik ini ditargetkan untuk selesai pada akhir tahun 2019 dan mulai beroperasi pada 2020 dikawasan Petrokimia, Cilegon Banten.

 Oleh karena itu, pasca pengoperasioan pabrik ini perseroan menargetkan peningkatan kapasitas produksi PE menjadi 736 KTA dari kapasitas sekarang yang hanya 336 KTA.

"Permintaan pasar PE di Indonesia saat ini diperkirakan sekitar 1,4 juta TPA (ton per annum) dan akan terus tumbuh seiring dengan PDB negara. Pabrik PE kami yang baru akan menjadi sumber tambahan produk PE dalam negeri sebagai substitusi impor dan mengurangi arus keluar valuta asing,” jelas Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra seperti dikutip dari rilisnya, Senin (5/2/2018)

Pabrik baru ini akan menghasilkan high density polythylene (HDPE), linear low density polythylene (LLDPE), dan Metallocene LLDPE (mLLDPE). Adapun aplikasi dari zat tersebut ialah sebagai bahan baku blown film, karung beras, mainan, tutup botol, tas belanja, peralatan rumah tangga, tali, terpal, pipa, serta kontrak kontainer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 06:00 WIB

Rp5 Miliar Disiapkan Pemprov Papua untuk Korban Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan bantuan uang sebesar Rp5 miliar untuk membantu penanganan korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 04:50 WIB

KPK Benarkan Amankan Direktur Krakatau Steel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan sebanyak empat orang terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga berhubungan dengan salah satu Direktur Krakatau Steel.

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…