BPS: Pertumbuhan Industri Manufaktur Sulsel Meningkat

Oleh : Herry Barus | Senin, 05 Februari 2018 - 09:14 WIB

Dirjen IKM Berikan Fasilitas IKM Mebel dan Kerajinan
Dirjen IKM Berikan Fasilitas IKM Mebel dan Kerajinan

INDUSTRY.co.id - Makassar- Badan Pusat Statitistik (BPS) Sulawesi Selatan mencatat angka pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan IV/2017 mengalami kenaikan 1,11 persen dibandingkan dengan triwulan II/2017.

"Berdasarkan data `q to q` antara triwulan IV dan triwulan III itu ada kenaikan dan kenaikannya tidak terlalu besar tapi masih cukup bagus," ujar Kepala BPS Sulsel Nursam Salam di Makassar, Sabtu (3/2/2018)

Dia menjelaskan, pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang secara tahunan (y on y) pada triwulan IV tahun 2017 naik sebesar 7,65 persen terhadap triwulan IV tahun 2016.

Capaian pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang Sulawesi Selatan ini bahkan berada di atas pertumbuhan nasional yang sebesar 5,15 persen pada periode yang sama.

Dia menyebutkan jenis-jenis manufaktur besar dan sedang yang mengalami kenaikan pertumbuhan produksi pada triwulan IV/2017 adalah industri kayu.

Pada industri kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya, mengalami kenaikan sebesar 6,05 persen. Begitu juga dengan industri barang galian bukan logam, naik sebesar 5,23 persen.

"Kenaikan pada industri kayu ini cukup bagus secara q to q dan jumlahnya itu mencapai 6,05 persen. Kemudian ada industri barang galian yang bukan logam juga naik 5,23 persen," katanya.

Nursam mengaku jika industri manufaktur di Indonesia menjadi salah satu pendorong dalam pertumbuhan ekonomi, baik secara domestik maupun nasional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerbau di persawahan

Rabu, 20 Maret 2019 - 07:38 WIB

Kementan tingkatkan pengawasan terhadap pemasukan daging kerbau asal India

Jakarta, Adanya pemberitaan di beberapa media online terkait kejadian kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa negara bagian di India, telah meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.