Menteri PUPR Kunjungi Kawasan Seribu Rumah Gadang

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 03 Februari 2018 - 19:30 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang Aro- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mengunjungi kawasan seribu rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Humas Solok Selatan Firdaus Firman, di Padang Aro, Sabtu (3/2/2018)  mengatakan Menteri PUPR diagendakan meninjau persiapan peresmian restorasi 40 rumah gadang.

"Kementerian PUPR akan merestorasi 40 rumah gadang di kawasan seribu rumah gadang dan menteri langsung meninjau lokasi sebelum melaksanakan program tersebut," ujarnya.

Menteri Pupera menjanjikan peletakan batu pertama restorasi tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi Widodo.

"Kita berharap penanjakan restorasi rumah gadang dan menara pandang dilakukan oleh Presiden atas rekomendasi Menteri PUPR," ujarnya.

Menteri PUPR diagendakan berangkat dari Jakarta pukul 14.00 WIB setelah cek persiapan lapangan Asean Games di Gelora Bung Karno.

Setelah itu pihaknya belum mengetahui apakah Menteri bermalam di Padang atau langsung ke kawasan seribu rumah gadang.

Rencana restorasi telah disetujui oleh para ninik mamak (pemangku adat) di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu setelah dilakukan sosialisasi oleh pemerintah daerah.

Ia menyebutkan para ninik mamak yang di Koto Baru memang telah memiliki keinginan untuk memperbaiki rumah gadang mereka, namun terbatas oleh kemampuan finansial.

Sebelumnya, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru Jalaludin Dt Lelo Dirajo menyebutkan setelah dilakukan sosialisasi, para ninik mamak di Koto Baru sepakat menerima bantuan tersebut.

"Kami harap nanti rumah gadang yang telah direstorasi itu bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk meletakkan batu pertama restorasi rumah gadang itu terwujud. "Kami harapkan Presiden Jokowi bisa meletakkan batu pertama sesuai dengan keinginan masyarakat Solok Selatan," ujarnya.

Sementara terkait restorasi rumah gadang yang akan dilakukan secara gotong royong itu, Jalaludin menyebutkan para ninik mamak mendukung rencana itu.

Rumah Gadang di Kampung Adat Seribu Rumah Gadang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai penginapan (homestay).

Penggiat pariwisata Sumbar Yulnofrins Napilus mengatakan, masyarakat Solok Selatan sangat antusias menunggu kedatangan Menteri PUPR. (Ant)

"Masyarakat sangat mengharapkan Menteri PUPR bisa merekomendasikan peletakan batu pertama restorasi oleh Presiden Jokowi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Rabu, 24 April 2024 - 09:27 WIB

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Selama satu dekade terakhir, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menghubungkan konektivitas 8 provinsi di Sumatra melalui ketersediaan infrastruktur jalan tol. Pencapaian ini tidak…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…