INASGOC Nilai Fasilitas Rusun Atlet AG 2018 Memadai

Oleh : Herry Barus | Jumat, 02 Februari 2018 - 15:34 WIB

Erick Thohir Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Erick Thohir Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Eric Tohir menilai hasil pembangunan dan fasilitas di Rusun Atlet untuk wisma atlet Asian Games 2018 sangat memadai.

"Kami menilai fasilitas dan hasil pembangunan 'athlete village' atau wisma atlet di Kemayoran sangat baik," ujar Eric Tohir usai melakukan peninjauan lapangan di Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta, Kamis (1/2/2018)

Ia menjelaskan, dari hasil pengamatannya di lapangan, sejumlah fasilitas Rusun Atlet yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki kualitas yang sangat baik.

Kualitas Rusun ini bisa dikatakan seperti apartemen sekelas bintang dua atau tiga. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Basuki (Menteri PUPR) serta timnya atas hasil pembangunan dan kerja kerasnya membangun wisma atlet ini, katanya.

Saat berkunjung ke lokasi, Eric didampingi oleh Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal serta sejumlah panitia Asian Games dari Sekretariat Negara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Mereka memulai peninjauan dari halaman depan yang kini mulai digarap pembangunan taman oleh para petugas.

Kemudian peninjauan dilanjutkan ke lantai empat di tower 2 yang berada di samping Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran.

Sejumlah unit Rusun Atlet pun mereka masuki. Rusun atlet yang dibangun oleh Kementerian PUPR memang sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang baik.

"Kami berharap fasilitas ini nantinya juga bisa dinikmati oleh para PNS (pegawai negeri sipil) maupun masyarakat yang tinggal di Rusun Atlet ini usai ajang Asian Games 2018," harapnya seperti dilansir Antara.

100 persen Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal menjelaskan, pembangunan Rusun Atlet Asian Games telah selesai 100 persen.

"Saat ini yang ada hanyalah pengerjaan taman di bagian halaman depan serta pemeliharaan rutin," kata Erizal.

Kementerian PUPR membangun sebanyak 10 tower Rusun untuk wisma atlet di dua lokasi yakni 7 tower 5.494 unit dengan daya tampung 16.482 orang di Blok D10 Kawasan Kemayoran tepatnya di samping RS Mitra Keluarga Kemayoran.

Sisanya tiga tower dibangun di Blok C2 yang berlokasi sebelum pintu tol Ancol. Tiga tower tersebut dibangun sebanyak 1.932 unit dengan daya tampung 5.796 orang.

Total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk membangun 10 tower rusun atlet, rehabilitasi venue di Gelora Bung Karno dan Jakabaring Palembang mencapai Rp6,2 trilliun.

Setiap unit di Rusun atlet tersebut memiliki dua kamar tidur, ruang tamu serta kamar mandi dan dapur serta ruang jemur.

Berbagai fasilitas lain seperti untuk olahraga serta parkir kendaraan yang cukup luas, kantin serta ruang terbuka pun sudah disediakan untuk menunjang pelaksanaan Asian games 2018 mendatang.

Fasilitas lain yang disediakan oleh Kementerian PUPR sebagai bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games adalah meja dan kursi tamu, kemudian lemari pakaian serta tempat tidur plus AC pendingin di setiap kamar.

Di kamar mandi pun sudah terpasang pemanas air serta ada ruang jemuran serta dapur di bagian belakang unit Rusun. Setiap unit Rusun sudah dilengkapi dengan fasilitasnya. Para atlet nantinya tinggal masuk saja.

"Kami pun sudah menggandeng para petugas untuk memandu para tamu," kata Erik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:21 WIB

Ini Maklumat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia pada Hari Raya Idul Adha

Besok umat Islam akan merayakan Idul Adha. Puncak dari Hari Raya Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Ini adalah momen yang sangat baik bagi masyarakat (khususnya menengah bawah) untuk…

Foto Ilustrasi E-commerce

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:15 WIB

RPP Perdagangan e-Commerce Tinggal Tunggu Goresan Tinta Jokowi

Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPMSE) ataue-commercesaat ini tengah menunggu pengesahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Menteri Airlangga: APBN 2019 Akan Difokuskan pada Pembangunan SDM

Pemerintah telah menetapkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 akan difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).