INASGOC Nilai Fasilitas Rusun Atlet AG 2018 Memadai

Oleh : Herry Barus | Jumat, 02 Februari 2018 - 15:34 WIB

Erick Thohir Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Erick Thohir Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Eric Tohir menilai hasil pembangunan dan fasilitas di Rusun Atlet untuk wisma atlet Asian Games 2018 sangat memadai.

"Kami menilai fasilitas dan hasil pembangunan 'athlete village' atau wisma atlet di Kemayoran sangat baik," ujar Eric Tohir usai melakukan peninjauan lapangan di Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta, Kamis (1/2/2018)

Ia menjelaskan, dari hasil pengamatannya di lapangan, sejumlah fasilitas Rusun Atlet yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki kualitas yang sangat baik.

Kualitas Rusun ini bisa dikatakan seperti apartemen sekelas bintang dua atau tiga. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Basuki (Menteri PUPR) serta timnya atas hasil pembangunan dan kerja kerasnya membangun wisma atlet ini, katanya.

Saat berkunjung ke lokasi, Eric didampingi oleh Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal serta sejumlah panitia Asian Games dari Sekretariat Negara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Mereka memulai peninjauan dari halaman depan yang kini mulai digarap pembangunan taman oleh para petugas.

Kemudian peninjauan dilanjutkan ke lantai empat di tower 2 yang berada di samping Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran.

Sejumlah unit Rusun Atlet pun mereka masuki. Rusun atlet yang dibangun oleh Kementerian PUPR memang sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang baik.

"Kami berharap fasilitas ini nantinya juga bisa dinikmati oleh para PNS (pegawai negeri sipil) maupun masyarakat yang tinggal di Rusun Atlet ini usai ajang Asian Games 2018," harapnya seperti dilansir Antara.

100 persen Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal menjelaskan, pembangunan Rusun Atlet Asian Games telah selesai 100 persen.

"Saat ini yang ada hanyalah pengerjaan taman di bagian halaman depan serta pemeliharaan rutin," kata Erizal.

Kementerian PUPR membangun sebanyak 10 tower Rusun untuk wisma atlet di dua lokasi yakni 7 tower 5.494 unit dengan daya tampung 16.482 orang di Blok D10 Kawasan Kemayoran tepatnya di samping RS Mitra Keluarga Kemayoran.

Sisanya tiga tower dibangun di Blok C2 yang berlokasi sebelum pintu tol Ancol. Tiga tower tersebut dibangun sebanyak 1.932 unit dengan daya tampung 5.796 orang.

Total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk membangun 10 tower rusun atlet, rehabilitasi venue di Gelora Bung Karno dan Jakabaring Palembang mencapai Rp6,2 trilliun.

Setiap unit di Rusun atlet tersebut memiliki dua kamar tidur, ruang tamu serta kamar mandi dan dapur serta ruang jemur.

Berbagai fasilitas lain seperti untuk olahraga serta parkir kendaraan yang cukup luas, kantin serta ruang terbuka pun sudah disediakan untuk menunjang pelaksanaan Asian games 2018 mendatang.

Fasilitas lain yang disediakan oleh Kementerian PUPR sebagai bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games adalah meja dan kursi tamu, kemudian lemari pakaian serta tempat tidur plus AC pendingin di setiap kamar.

Di kamar mandi pun sudah terpasang pemanas air serta ada ruang jemuran serta dapur di bagian belakang unit Rusun. Setiap unit Rusun sudah dilengkapi dengan fasilitasnya. Para atlet nantinya tinggal masuk saja.

"Kami pun sudah menggandeng para petugas untuk memandu para tamu," kata Erik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.

Serah Terima lebih dari 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T Kepada PT Siba Surya

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:10 WIB

DCVI Serahkan Lebih dari 200 Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T kepada PT Siba Surya

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, bersama PT Kedaung Satya Motor sebagai dealer resmi Mercedes-Benz,…