Program TV Sering Dijiplak Negara Lain, Pemerintah Korea Buat Undang-Undang

Oleh : Dina Astria | Jumat, 02 Februari 2018 - 12:00 WIB

Program-program TV Terpopuler di Korea Selatan. (Dok: Soompi)
Program-program TV Terpopuler di Korea Selatan. (Dok: Soompi)

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan - Korea Selatan memang ahlinya membuat program-program TV yang berkualitas. Mulai dari tayangan drama-dramanya, program talkshow yang sangat inovatif, sampai program variety show yang tidak kalah kreatifnya. Setelah tayang, popularitas langsung menyerbu. Hal inilah yang membuat berbagai karya Negeri Ginseng ini selalu dijiplak atau ditiru oleh pihak luar negeri.

Saat berbagai karyanya dijiplak, tim produksi penggarap program-program TV memang tidak bisa berkutik dan melakukan apapun. Dikarenakan tuntutan hukum internasional memerlukan wakti yang lama dan hanya sedikit kasus yang terselesaikan.

Namun pada Rabu (31/1), anggota dari Kementrian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan, Lee Dong Sub mengajukan rancangan undang-undang kepada Majelis Nasional demi melindungi program-program TV yang dijiplak. 

"Meskipun situasinya seperti ini (banyak kasus penjiplakan), pemerintah tidak memberikan respon dengan benar. Masalahnya adalah karena banyak kementrian yang harus bekerja sama untuk menyelesaikan pemasalahan ini dan saat ini belum ada sumber daya yang terkumpul," jelas Lee Dong Sub. 

Rancangan Undang-Undang ini akan mulai berlaku pada 31 Juli mendatang.Hal ini akan menjadi dasar bagi Kementrian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan untuk meminta kerja sama dari kepala badan administrasi pusat seperti Kementrian Luar Negeri untuk melindungi karya asli Korea Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Lampung, Muhammad Kadafi

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:18 WIB

Kadin Lampung Tawarkan Pembentukan Tim Percepatan Bandara Internasional Radin Inten II

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Lampung (Pemprov) menawarkan pembentukan Tim Percepatan Internasional Bandara Radin Inten II kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

Official store Unilever Indonesia di Bukalapak

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:13 WIB

Bukalapak Luncurkan Official Store Unilever Indonesia

Bukalapak sebagai online marketplace terbesar di Indonesia, hari ini meluncurkan Official Store Unilever Indonesia. Para pengguna produk Fast Moving Consumer Goods atau FMCG dari brand ternama,…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:00 WIB

Sidak di Karantina Surabaya, Mentan Cek Kemudahan Perijinan dan Disiplin Pegawai

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan sidak pada hari ini Senin (16/7/2018) di Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, di Juanda, Surabaya, Jawa Timur - terletak kurang lebih…

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:56 WIB

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Akan Komisioning Launcher Gantry untuk Erection Steel Box Girder

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan launcher gantry sebagai alat erection steel box girder. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol…

Aplikasi MAXStream Telkomsel (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:55 WIB

Diunduh Lebih dari 4 Juta Kali dalam Sebulan, MAXstream Hadirkan Mobile Digital Experience

Telkomsel sebagai Licensed Mobile Broadcaster Piala Dunia 2018, telah berhasil menghadirkan rangkaian acara pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut khusus bagi pelanggannya melalui aplikasi…