Lima Maskapai Nasional Paling Tepat Waktu

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 Februari 2018 - 19:30 WIB

NAM Air (Foto Dok Industry.co.id)
NAM Air (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan merilis lima maskapai dengan ketepatan waktu (OTP) tertinggi, yaitu rata-rata di atas 85 persen dalam kurun waktu sepanjang 2017.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (1/2/2018) menyebutkan maskapai yang paling tepat waktu adalah NAM Air yang mencatatkan OTP 92,62 persen dengan jumlah penerbangan tepat waktu sebanyak 29.832 penerbangan.

Sementara, empat maskapai lain adalah Batik Air (88,66 persen), Garuda Indonesia (88,53 persen), Sriwijaya Air (88,69 persen) dan Citilink (88,33 persen).

Angka OTP tersebut cukup tinggi dan memenuhi target minimum yang telah dicanangkan bersama, namun bagi Garuda yang selama ini menjuarai OTP posisinya tergeser dikarenakan ada gangguan "schedulling crew" atau penjadwalan ulang kru yang sempat berlarut-larut namun sekarang sudah normal kembali.

Menurut Agus, hasil tersebut menunjukkan tingkat pelayanan maskapai kepada penumpang ikut meningkat.

Dia menambahkan pelayanan yang meningkat juga bisa meningkatkan kepercayaan penumpang terhadap maskapai yang bersangkutan sehingga bisnis penerbangannya juga akan berdampak positif.

"Ketepatan waktu adalah salah satu pelayanan kepada penumpang yang sangat penting karena penumpang pesawat sejatinya membeli waktu penerbangan, selain membeli rute yang dibutuhkan. Dengan waktu penerbangan yang 'on-time', penumpang bisa menjalankan jadwal kegiatannya dengan tepat waktu juga," ujarnya.

Agus juga menyatakan terima kasih kepada maskapai penerbangan dan pihak-pihak terkait sehingga bisa mencatatkan ketepatan waktu yang cukup tinggi.

"Masalah ketepatan waktu penerbangan memang bukan domain maskapai saja. Ada pihak lain yang berperan seperti cuaca, kelaikan teknis, bandar udara, pengelola navigasi, penanganan di darat dan bahkan penumpang pesawat. Untuk itu kami selaku regulator mengucapkan terimakasih atas kerja sama dan kerjakerasnya selama ini," katanya.

Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melaporkan jumlah penerbangan rute domestik maskapai nasional pada periode Januari hingga Desember 2017 berjumlah 828.608 penerbangan, meningkat 8,5 persen dibanding tahun 2016 yang berjumlah 763.522 penerbangan.

Sementara itu tingkat ketepatan waktu operasional (OTP) maskapai penerbangan pada tahun 2017 tersebut mencapai 80,14 persen atau 664.024 penerbangan tepat waktu dari total 828.609 penerbangan yang dilakukan.

Prosentase tersebut turun sekitar 2,5 persen dibanding tahun 2016 di mana OTP tahun 2016 mencapai 82,67 persen atau 631.216 penerbangan dari total 763.522 penerbangan.

Dari laporan Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara tersebut juga dicatat adanya keterlambatan penerbangan (delay) tahun 2017 yang mencapai 159.153 penerbangan atau 19,21 persen, serta pembatalan (cancelled) penerbangan mencapai 5.432 penerbangan atau 0,66 persen dari total penerbangan domestik.

Penyebab keterlambatan dan pembatalan pada 2017 masih didominasi oleh faktor nonteknis operasional (terkait dengan maskapai penerbangan) yaitu 9,67 persen atau 80.094 penerbangan.

Kemudian disusul oleh faktor teknis operasional (terkait dengan bandar udara) sebesar 6,43 persen atau 53.250 penerbangan, faktor lain 1,68 persen (13.931 penerbangan) dan faktor cuaca 1,43 persen (11.879 penerbangan).

Daftar lengkap OTP maskapai berjadwal dan jumlah penerbangannya adalah sebagai berikut, NAM Air 92,62 persen, total penerbangan 32.209 dan penerbangan tepat waktu 29.832 penerbangan.

Batik Air 88,66 persen, total penerbangan 84.900 dan penerbangan tepat waktu 75.270 penerbangan.

Garuda Indonesia 88,53 persen, total penerbangan 200.918 dan penerbangan tepat waktu 177.875 penerbangan.

Sriwijaya Air 88,69 persen, total penerbangan 67.673 dan penerbangan tepat waktu 60.017 penerbangan.

Citilink 88,33 persen, total penerbangan 84.808 dan penerbangan tepat waktu 74.912 penerbangan.

TransNusa 71,36 persen, total penerbangan 737 dan penerbangan tepat waktu 526 penerbangan.

Lion Mentari 71,32 persen, total penerbangan 196.932 dan penerbangan tepat waktu 140.459 penerbangan.

Wings Air 65,47 persen, total penerbangan 108.278 dan penerbangan tepat waktu 70.888 penerbangan.

Indonesia AirAsia Extra 77,42 persen, total penerbangan 7.747 dan penerbangan tepat waktu 5.998 penerbangan.

Indonesia AirAsia 75,94 persen, total penerbangan 7.378 dan penerbangan tepat waktu 5.603 penerbangan.

Susi Air 72,65 persen, total penerbangan 6.781 dan penerbangan tepat waktu 4.926 penerbangan.

Kalstar Aviation (berhenti operasi per 30 September 2017) 58,10 persen, total penerbangan 12.177 dan penerbangan tepat waktu 7.075 penerbangan.

Travel Express 74,40 persen, total penerbangan 9.287 dan penerbangan tepat waktu 6.909 penerbangan.

Trigana Air 42,49 persen, total penerbangan 8.784 dan penerbangan tepat waktu 3.732 penerbangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…