PLTP Sabang Hasilkan Energi Hingga 15 Mega Watt

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 Januari 2017 - 14:02 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id - Pengeboran Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) geothermal Jaboi, Sabang, Aceh ditargetkat selesai pada Februari 2017 dan bisa menghasilkan energi 10 Mega Watt sampai dengan 15 Mega Watt (MW).

"Kami sebagai pelaksana dipantau terus oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Februari 2017 ditargetkan selesai pengeboran pertama," kata Projek Maneger dan Kepala Teknis PLTP geothermal Jaboi, Sabang, Matoyo kepada Antara di Sabang, Selasa (10/1)

Ia menjelaskan, pembangunan PLTP geothermal Jaboi, Sabang yang dikerjakan oleh PT. Sabang Geothermal Energi (SGE) sudah mendapat izin Kementerian ESDM dan sesuai dengan izin yang diberikan tersebut pengeboran tahap pertama harus kelar Februari.

"Pengeboran tahap pertama Insya Allah selesai Februari dan energi yang dihasilkan diperkirakan 10 sampai 15 Mega Watt (MW," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai pengusaha energi pihaknya menginginkan pembangunan PLTP geothermal Jaboi pengerjaannya selesai tepat waktu sebagai wujud keberhasilan pada tahap pertama.

"Tahap pertama satu lokasi pengeborannya dan direncanakan keseluruhan ada empat titik pengeborannya," katanya lagi.

Pihaknya mengakui, sebagai pembisnis PT.SGE akan segera menyelesaikan pekerjaan tersebut dan diupayakan energinya bisa segera disalurkan ke pada PT.PLN Persero.

"Nantinya energi yang dihasilkan dari panas bumi Jaboi akan kami jual ke PT.PLN dan selanjutnya PLN yang menyuplainya kepada pelanggan," ujarnya.

Projek Maneger dan Kepala Teknis PLTP geothermal Jaboi, Sabang juga menjelaskan, sesuai dengan prakiraan awal jika pihaknya berhasil mengerjakan PLTP geothermal Jaboi energi yang dihasilkan mencapai 80 MW keseluruhannya.

"Jika ini berhasil energi yang dihasilkan dari panas bumi geothermal Jaboi mencapai 80 MW dan nantinya bisa akan suplai ke PLN Banda Aceh melalui kabel bawah laut," tuturnya.

Diharapkan dengan beroperasinya PLTP geothermal Jaboi, Sabang pada akhir tahun 2017 (hrb)kebutuhan energi untuk masyarakat serta pelaku usaha industri pariwisata terpenuhi di pulau paling ujung barat Indoensia itu.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…