Tingatkan Kunjungan Wisman, Garuda akan Buka Bali-Mumbai India

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 31 Januari 2018 - 11:35 WIB

Garuda Indonesia (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Garuda Indonesia (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kuta- Maskapai penerbangan Garuda Indonesia berencana membuka rute langsung Bali-Mumbai India mempertimbangkan potensi pasar yang besar ditandai dengan pertumbuhan wisatawan dari negeri dengan ikon Taj Mahal itu ke Bali yang cukup tinggi.

"India saat ini merupakan pasar yang luar biasa dengan rata-rata pertumbuhan kunjungan mencapai 36 persen," kata Direktur Kargo sekaligus membawahi pengembangan rute internasional Garuda Indonesia Sigit Muhartono ketika menyambut penerbangan perdana Xian China-Bali di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Selasa (30/1/2018)

Pembukaan rute potensial itu, kata dia, diharapkan mendukung target pendapatan perusahaan BUMN itu pada tahun ini yang diproyeksikan mencapai 14,5 persen, meningkat jika dibandingkan dengan pada 2017.

Selama 2017, Sigit mengungkapkan "revenue" atau pendapatan Garuda dari sisi penumpang mencapai sekitar 2,9 miliar dolar AS, hampir 50 persen di antaranya disumbang dari rute internasional.

Selain Mumbai, pihaknya juga berencana memperluas kembali pasar di China, seperti melayani rute Kumning dan Shenyang setelah melakukan penerbangan perdana Bali-Xian dan Zhengzhou.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Judi Rifayantoro dalam kesempatan yang sama menyatakan mendukung upaya maskapai penerbangan nasional itu memperluas jaringan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia melalui Bali.

"Walau pun tidak ada penerbangan langsung, mereka (wisatawan India, red.) lewat Singapura, Kuala Lumpur, dan Bangkok. Jika Garuda membuka Bali-Mumbai, itu sangat bagus sekali," ucapnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat wisatawan asal India kini bertengger di posisi ketiga dari total jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Bali.

Selama periode Januari-November 2017, sebanyak 243 ribu orang telah berkunjung ke Bali atau naik 48,2 persen jika dibandingkan dengan periode sama pada 2016.

Objek wisata pantai, seni serta budaya Hindu yang mirip dengan Bali membuat mereka menjadikan Pulau Dewata sebagai salah satu destinasi favorit warga India.

Total kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali selama 11 bulan pada 2017 mencapai 5,3 juta orang atau naik mendekati 20 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Posisi tertinggi wisatawan asing berasal dari China 1,37 juta orang (25,5 persen) disusul dari Australia satu juta orang (18,8 persen).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…