Mudik Gratis BUMN 2018 Targetkan 200.000 Penumpang

Oleh : Dina Astria | Rabu, 31 Januari 2018 - 11:08 WIB

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Jasa Raharja selaku koordinator penyelenggaraan program Mudik Gratis BUMN menargetkan pada Lebaran 2018 dapat mengangkut 200 ribu pemudik kembali ke kampung halaman, baik di Jawa maupun luar Pulau Jawa.

Usai Rakor Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (30/1/2018)  Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Raharjo, mengatakan pada 2017 program Mudik Gratis BUMN sudah memberangkatkan sekitar 118 ribu pemudik.

"Tahun 2017 kami sudah memberangkatkan 118 ribu pemudik. Tahun 2018 ini target kami adalah 200 ribu pemudik dengan sarana transportasi yang digunakan, baik bus, kereta api, kapal laut dan pesawat," kata Budi.

Ia menjelaskan program Mudik Gratis untuk memfasilitasi pemudik yang ingin kembali ke kampung halamannya, serta meminimalkan penggunaan sepeda motor sebagai transportasi mudik yang berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dengan penambahan target angkut pemudik, jumlah transportasi juga akan ditingkatkan. Pada Mudik Gratis BUMN 2017, setidaknya ada 1.630 bus yang disiapkan, 22 rangkaian kereta api dan 24 penerbangan pesawat.

Jasa Raharja dan BUMN lainnya juga akan memperluas titik keberangkatan, tidak hanya dari dan menuju Pulau Jawa, tetapi juga di area luar Pulau Jawa sehingga bisa menarik lebih banyak lagi pemudik yang berpartisipasi.

"2018 Mudik Bersama BUMN akan kita kembangkan tidak hanya di Jawa, tapi di beberapa pulau seperti Sumatera, misalnya, keberangkatan bus dari Medan-Pekanbaru, atau di Makassar-Parepare, kita kembangkan ke provinsi lain agar lebih banyak masyarakat pemudik diantar ke kampung halaman," ujar Budi.

Ia menambahkan Jasa Raharja tahun ini menyiapkan anggaran Rp2,5 triliun untuk santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas darat, laut dan udara. Jumlah ini meningkat dari total santunan tahun lalu yang dibayarkan sebesar Rp1,9 triliun.

Peningkatan besaran santunan 100 persen sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI No.15 dan 16 /PMK.10/2017 yang diberlakukan sejak 1 Juni 2017.

"Ini ada peningkatan nilai santunan 100 persen dari tahun lalu. Kenaikan santunan untuk korban meninggal dari Rp25 juta menjadi Rp50 juta, biaya perawatan dari Rp10 juta menjadi Rp20 juta," kata dia.

Ada pun pada masa angkutan Lebaran 2017, Jasa Raharja merupakan kali kesepuluh menyelenggaran Mudik Gratis dan ketiga kalinya menjadi koordinator penyelenggaraan program tersebut.

Budi menargetkan lebih banyak lagi BUMN yang turut menyelenggarakan program Mudik Gratis 2018 agar bisa menyediakan lebih banyak sarana transportasi untuk pemudik. Dibandingkan tahun lalu, hanya 25 perusahaan yang bergabung menyelenggarakan Mudik Gratis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BRI Suprajarto (Foto ist)

Sabtu, 17 November 2018 - 20:00 WIB

Sinergi BRI Dengan Portal Lelang Indonesia (DJKN) Akselerasi Pelaksanaan Lelang Agunan

Memperingati Hari Kekayaan Negara Ke-12, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggandeng PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk beserta Bank BUMN Lainnya melakukan penandatanganan Perjanjian…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Sabtu, 17 November 2018 - 18:59 WIB

OJK Remikan Badan Usaha Milik Desa Center Maju Sejahtera Desa Wonorejo

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso meresmikan BUM-desa Center Maju Sejahtera Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo sebagai yang ketiga setelah sebelumnya…

Grundfos Pompa Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 17 November 2018 - 17:23 WIB

Volume Penjualan Pompa Grundfos Dari Berbagai Segmen Capai 85.000 Unit

Sales Director PT Grundfos Pompa Indonesia, Junaedis Sijabat mengatakan, secara periodik pada tahun politik penjualan pompa memang cenderung menurun, karena banyak proyek yang tertunda dan mengakibatkan…

Produk Pompa Grundfos (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 17 November 2018 - 16:45 WIB

Penjualan Pompa PT Grundfos Pompa Indonesia Alami Pertumbuhan yang Signifikan Sepanjang Tahun 2018

PT Grundfos Pompa Indonesia mencatatkan penjualan pompa mengalami pertumbuhan rata-rata dua digit untuk semua jenis produknya di sepanjang tahun ini. Tahun ini, Grunfos menargetkan penjualan…

DPP Real Estat Indonesia (DPP REI) dan Bank Mandiri hari ini secara resmi membuka pameran properti, REI Mandiri Property Expo 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).

Sabtu, 17 November 2018 - 16:40 WIB

REI Mandiri Expo 2018 Dorong Generasi Milenial Miliki Rumah

DPP Real Estat Indonesia (DPP REI) dan Bank Mandiri hari ini secara resmi membuka pameran properti, REI Mandiri Property Expo 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).