Mudahkan Transaksi Pialang Berjangka, ICH dan ICDX Luncurkan CITRA

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Januari 2018 - 07:10 WIB

Indonesia Commodity and Derivative Exchange- ICDX
Indonesia Commodity and Derivative Exchange- ICDX

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia Clearing House (ICH) yang bekerja sama dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) meluncurkan terobosan baru bernama CITRA (Clearing Info of Trade) yang merupakan sistem informasi yang berfungsi untuk memberikan transparansi pada proses kliring melalui ICH. 

Menurut Presiden Direktur ICH Nursalam, CITRA merupakan suatu terobosan dalam memberikan transparansi informasi transaksi Sistem Perdagangan Alternatif kepada nasabah pialang berjangka.

"Dengan adanya CITRA ini, otomatis nasabah bisa mengetahui transaksinya yang sudah didaftarkan ke kliring. Jadi prinsipnya kita memberikan data aktivitas trading yang dilakukan pialang ke nasabah. Sekaligus mengurangi potensi dispute," kata Nursalam di Jakarta, Jumat (26/1/2018) lalu.

Untuk mempermudah nasabah, lanjut Nursalam, CITRA dapat diakses melalui PC, tablet, laptop, smartphoneselama 24 jam setiap hari. Nasabah juga bisa mendapatkan data trade dari ICDX, sebagai penyelenggara bursa komoditi derrivatif.

"Ketika ada perbedaan data transaksi, nasabah juga bisa langsung mengajukan komplain agar bisa langsung ditangani. Apalagi database CITRA sudah terkoneksi sistem ICH," ujarnya.

Sementara untuk sajian data yang dihasilkan CITRA, pada tahap awal yakni H-1. Ke depan, Nursalam mengaku akan mengembangkan informasi transaksi secara realtime. Data transaksi yang disajikan adalah 90 hari. 

"Namun, jika nasabah ingin mengetahui data transaksi di atas 90 hari, akan ada requirement khusus," kata Nursalam.

Ia berharap, sistem informasi CITRA dapat menumbuhkan kepercayaan nasabah untuk meningkatkan transaksi di bursa berjangka derrivatif. "Harapannya tahun 2018 ini transaksi di ICDX bisa naik 30 persen dari 3,5 juta transaksi tahun 2017," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC)

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:15 WIB

Suzuki Club Reaksi Cepat Terobos Air Setinggi 2 Meter Evakuasi Korban Banjir di Jakarta dan Sekitarnya

Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) menurunkan 1 tim dengan 12 personel untuk membantu proses evakuasi para korban banjir di Jalan Kartini, Kota Bekasi.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani (Foto: Ist)

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:10 WIB

Masuri SH Ketua Kadin Bengkalis Resmi Diakui Pemerintah

Kadin hanya ada satu yaitu pimpinan Rosan Perkasa Roeslani, sesuai Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2010 lalu. "Jadi diharapkan Pemkab Bengkalis dan juga Bupati Bengkalis bisa menyikapi ini.…

Menkop dan UKM Teten Masduki bersama Raffi Ahmad saat konferensi pers Rans Carnival

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:02 WIB

Dorong Produk UMKM Naik Kelas, Menkop dan UKM Gandeng Raffi Ahmad Gelar Rans Carnival di 14 Kota

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Raffi Ahmad bakal menggelar Rans Carnival di Indonesia. Hal ini guna mendorong pangsa pasar produk-produk UMKM dalam negeri.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:00 WIB

Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI akan Perkuat Subtansi PPHN

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan kehadiran Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI (K3 MPR RI) sebagai unsur pendukung MPR RI yang diatur dalam Pasal 58 Tata Tertib MPR RI, punya…

Kadin

Rabu, 26 Februari 2020 - 17:00 WIB

Wagub Steven Kandouw: Kami Hanya Mengakui Kadin Sulut Hangky Arther Gerungan

Melalui pesan singkatnya, Steven Kandouw menegaskan hanya mengakui Kadin Sulut di bawah kepemimpinan Hangky Arther Gerungan. Yang kami akui itu Kadin di bawah kepemimpinan Pak Hengky Gerungan