Cawagub Banten Siap Kawal Pembangunan Tol ke Tanjung Lesung

Oleh : Irvan AF | Selasa, 10 Januari 2017 - 06:00 WIB

Ilustrasi Tanjung Lesung. (Foto: Dodi Armien)
Ilustrasi Tanjung Lesung. (Foto: Dodi Armien)

INDUSTRY.co.id, Pandeglang - Calon Wakil Gubernur Banten Embay Mulya Syarif menyatakan siap mengawal pembangunan jalan tol Serang-Pandeglang, jika bersama pasangannya Rano Karno dipercaya memimpin Provinsi Banten.

"Pembangunan jalan tol Serang-Pandeglang merupakan program pemerintah pusat, untuk mendukung pembentukan KEK Pariwisata Tanjung Lesung, kami siap mengawal agar bisa segera direalisasikan," katanya dihadapkan ratusan pengusaha di Pandeglang, Senin (9/1/2017).

Menurut dia, pembangunan jalan tol, selain mendukung KEK Pariwisata, juga akan memberikan dampak positif pada perkembangan ekonomi di wilayah Banten bagian selatan, yakni Pandeglang dan Lebak.

Pemerintah pusat akan membangun jalan tol diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp9,57 triliun, dengan rute melewati tiga kabupaten, yakni Serang, Lebak dan Pandeglang.

"Selain jalan tol, kami juga akan berupaya menarik anggaran dari pusat untuk pembangunan di Banten, terutama Pandeglang dan Lebak," katanya.

Untuk itu, ia berharap dukungannya agar pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif bisa terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Banten sehingga berbagai program yang telah disusun bisa dilaksanakan.

"Kita sudah menyusun program yang dituangkan dalam visi dan misi, di antaranya mengawal pembangunan jalan tol dan mendorong terealisasinya pemekaran wilayah dan pembentukan daerah otonom baru," katanya.

Embay menyatakan mendukung pembentukan Kabupaten Cilangkahan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Lebak, dan terbentuknya Kabupaten Cibaliung dan Caringin pemekaran dari Kabupaten Pandeglang.

"Kita akan wujudkan pembentukan tiga daerah otonom baru itu demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah selatan," ujarnya.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten akan digelar 15 Februari 2017, atau serentak dengan pilkada di daerah lain. Pilgub Banten diikuti dua pasangan calon, yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy dan Rano Karno-Embas Mulya Syarief.

Pasangan Wahidin-Andika diusung tujuh partai politik, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS, PKB, Partai Hanura, dan Partai Amanat Nasional, dengan total kursi di DPRD sebanyak 57 kursi.

Sedangkan Rano-Embay dukung tiga partai, yakni PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Nasdem dengan total 17 kursi di DPRD Provinsi Banten.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…