Pameran Industri Perkeretaapian Segera Digelar

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 26 Januari 2018 - 09:15 WIB

Pameran perkeretaapian atau RailwayTech Indonesia 2018 bakal diselenggarakan pada 22-24 Maret akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran
Pameran perkeretaapian atau RailwayTech Indonesia 2018 bakal diselenggarakan pada 22-24 Maret akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pameran perkeretaapian atau RailwayTech Indonesia 2018 bakal diselenggarakan pada 22-24 Maret akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Pihak penyelenggara Global Expo Management menargetkan pameran tersebut bakal dikunjungi 1.100 pengunjung dari berbagai negara.

"Melalui pameran ini, investor dalam dan luar negeri akan bertemu. Dari pertemuan itu, potensi investasi yang akan datang untuk Indonesia sangat besar," kata penyelenggara Direktur PT Global Expo Management (GEM) Indonesia Baki Lee di Jakarta

Kendati demikian, Baki tak bisa melansir total nilai investasi yang akan masuk ke Tanah Air, karena rencana investasi masing-masing perusahaan kerap tidak langsung disampaikan, sehingga membutuhkan waktu.

Baki menyampaikan, seluruh aspek bidang perkeretaapian mulai dari produsen baut yang berukuran kecil hingga rangkaian gerbong kereta akan mengikuti pameran itu.

"Jadi mau cari apa yang berhubungan dengan kereta api ada di sini. Ini pameran kereta paling lengkap," tukas Baki. Ketua Umum Maska Hermanto Dwiatmoko menyampaikan, industri kereta api di Indonesia merupakan yang terlengkap jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.

"Kita punya PT Industri Kereta Api (INKA) yang memproduksi kereta api. Malaysia hanya punya industri perakit kereta, yang lainnya punya uang dan beli dari luar negara mereka," kata Hermanto.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara.

Produk industri kereta api dalam negeri telah mampu memenuhi pesanan pasar domestik, bahkan luar negeri khususnya ke negara berkembang dan kawasan regional.

"Kami terus memacu industri perkeretaapian nasional agar dapat menguasai pasar domestik dan semakin berperan dalam supply chain industri perkeretaapian untuk pasar global," kata Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Rp6,5 Trliun Disiapkan PUPR untuk Prasarana Pendidikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp6,5 triliun untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan serta pasar induk dalam Anggaran…

Ilustrasi KRL Commuter Line

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:15 WIB

KCI Luncurkan Kartu Commuter Edisi Asian Games 2018

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan kartu multi trip (KMT) edisi khusus Asian Games dengan mengambil inspirasi dari maskot Asian Games 2018.