Sys NS Seakan Hadir Dalam Konser Sang Bahaduri di TIM

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 25 Januari 2018 - 15:36 WIB

Sebagian artis yang tampil dalam Konser Bahaduri untuk Jockie Suryoprayogo (Foto: Amz)
Sebagian artis yang tampil dalam Konser Bahaduri untuk Jockie Suryoprayogo (Foto: Amz)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Wafat sehari sebelum konser Bahaduri yang diperuntukkan untuk  mengapresiasi karya-karya musik Jockie Suryoprayogo di Tetqer Jakarta, taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, Rabu, 24/1 malam, “ruh’ Sys NS seakan hadir. Setidaknya lewat penampilan kelompok Legendaris God Bless, Sys NS seakan hadir. Karena grup ini disiapkan Sys sebagai “Kejutan” untuk mereka yang hadir untuk Jockie.

Akhirnya memang tidak hanya Jockie yang jadi tokoh sentral malam itu, tetapi juga Almarhum Sys NS menjadi hal yang banyak dibicarakan. Tidak saja karena ia wafat sehari sebelum konser, tetapi juga karena seharusnya ia menjadi salah satu pemberi testimoni tentang  hubungannya dengan Jockie.  Karena hubungan Jockie dan Sys NS terjalin sejak diadakannya Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors tahun 70 an.

Konser ini sendiri diawali dengan penampilan Aning Katamsi dan Che Cupumanik. Mereka membawakan lagu yang diaransemen oleh Jockie dari lirik puisi WS Rendra berjudul ‘Kesaksian’. Lagu yang bernuansa magis ini ada dalam album Kantata Takwa dimana Jockie bersama Setiawan Djodi, Iwan, Fals, Rendra dan Sawung Jabo bergabung.

Lalu  penyanyi rock yang lama menghilang Nicky Astria dan pemain akordion Windy Setiadi tampil dengan lagu ‘Biar Semua Hilang’. Penampilan Nicky membuat sebagian penonton histeris karena kerinduan.  Tapi belum lagi kerinduan itu tuntas, di atas panggung muncul sosok yang juga sudah lama sekali tidak bernyanyi. Keenan Nasution.

Membawakan lagu ‘Nuansa Bening’ yang menjadi masterpiece nya membuat penonton turut terbawa suasana dan ikut bernyanyi bersamanya.

Setelah Keenan, Dhenok Wahyudi yang sudah menjadi pejabat di lingkungan istana negara dapat giliran naik panggung. Ia tampil dengan lagu ‘Dalam Cita dan Cinta’. Disambung Fryda Luciana menyanyikan lagu ‘Dalam Kelembutan Pagi’. Lagu ini biasa ia bawakan bersama Jockie.

Usai Godbless, sederetan penyanyi seperti Fariz RM (yang berduet dengan putri Jockie, Sarah) , Dira Sugandi, Ryan D’Masiv, Glen Fredly,Louise Hutahuruk dan Aryo Wahab tampil bergantian.

Di penghujung konser, Berliana Hutahuruk tampil membawakan lagu  Matahari yang disambung dengan ‘Badai Pasti Berlalu’. “Semoga badai bagi Mas Jockie segera berlalu,” ucap Berliana di sela-sela lagu.

Konser pun benar-benar ditutup oleh tampilnya seluruh pendukung konser yang menyanyikan lagu ‘Juwita’.

Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) mengaku amat bangga dan terharu mendengar dan menyaksikan karya-karya Jockie ditampilkan oleh teman-teman artis baik yang tua maupu yang muda. “Kita harus akui Jockie adalah asset bangsa yang tidak ternilai.  Sama dengan para artis lainnya yang tengah menderita sakit, kita sedang bangun ekosistem agar mereka lebih terlindungi baik dikala sehat maupun sakit. Saya bersama Bekraf terus berjuang untuk itu,” katanya usai pertunjukan.

Sementara Erros Djarot selaku sahabat Jockie dengan agak emosional mengatakan bahwa pemerintah harus lebih punya perhatian terhadap para musisi seperti Jocki yang kini tengah sakit. “Tolong sampaikan kepada bapak Jokowi, bahwa Jockie Sakit. Dan kemarin Sys NS meninggal jangan hanya karangan bunganya yang datang, tapi juga orangnya. Itu bentuk perhatian serius,” katanya dari atas panggung.

Acara Konser Bahaduri ini, menurut Dirut TVRI, Helmi yahya akan ditayangkan di TVRI sekitar sebulan mendatang. “Peristiwa besar seperti ini amat sayang kalau tidak ditayangkan. Dan TVRI sebagai saluran pemersatu yang akan menayangkannya setelah kami edit dengan sebaik-baiknya. Nantikan saja,’ katanya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Pelatih Tim Jerman Joachim Loew

Senin, 18 Juni 2018 - 21:00 WIB

Tragedi Nasib Naas Jerman

PARA pendukung banget (termasuk saya) laskar sepakbola Jerman kecewa berat sebab sang Juara Dunia dikalahkan Mexico 1 : 0 di babak awal Piala Dunia 2018.

Menhub Budi Karya Sumadi usai melakukan tinjauan udara ke Jembatan Kalikutho, Jawa Tengah, Senin (18/6). (Dok: Kemenhub)

Senin, 18 Juni 2018 - 19:05 WIB

Menhub Memprediksi Puncak Arus Balik Terjadi Pada Besok Dan Lusa

H+2 Lebaran Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama sejumlah pihak terkait tinjau langsung kesiapan prasarana jalur darat di sejumlah titik di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

PT Angkasa Pura II (persero). Untuk mempermudah penumpang menuju gate, PT AP II menyediakan layanan golf car assistance berbasis IoT (Internet of Things).

Senin, 18 Juni 2018 - 18:33 WIB

Manjakan Penumpang, Angkasa Pura II Fasilitasi Golf Car Berbasis Internet

Untuk mempermudah penumpang menuju gate, PT Angkasa Pura II menyediakan layanan golf car assistance berbasis IoT (Internet of Things). Layanan ini yang berlokasi di Terminal 3 Bandara Internasional…

Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Juni 2018 - 18:30 WIB

Mendagri Pastikan Pelantikan Komjen Iriawan Tak Langgar UU

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan pelantikan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Pol Drs Mochamad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, tidak melanggar…

Es Selendang Mayang (Foto: foody.id)

Senin, 18 Juni 2018 - 18:30 WIB

Es Selendang Mayang, Jadi Buruan Wisatawan Saat Liburan ke Setu Babakan

Mengenal Kuliner khas Betawi, banyak sekali ragamnya termasuk Es Selendang Mayang. Walaupun langka, kamu bisa menemukannya di tempat wisata di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.…