Hari ini, Kimia Farma Operasikan Fasilitas Produksi Rapid Test di Bali

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 24 Januari 2018 - 17:49 WIB

Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir (kiri) (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir (kiri) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Denpasar – PT Kimia Farma Tbk (KAEF) terus berupaya mengoptimalkan layanan atas kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Itu ditandai dengan peresmian pengoperasian Fasilitas Produksi Rapid Test yang dilakukan di Denpasar, Bali, Rabu (24/01/2018).

“Posisi Kimia Farma di seluruh pelosok tanah ini adalah komitmen kami untuk mendukung pemerintah melalui Kementerian Kesehatan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan dapat memberikan sumbangan bagi perkembangan ekonomi nasional,” ujar Honesti Basyir, Direktur Utama KAEF, di Denpasar, Rabu (24/01/2018).

Honesti mengemukakan, Fasilitas Produksi Rapid Test Kimia Farma adalah pabrik yang memproduksi alat-alat pemeriksaan kesehatan (diagnostik) rapid test skala industri di Indonesia.

“Pabrik tersebut dibangun dan dikembangkan di atas lahan seluas 375 meter persegi. Rapid test digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau screening medis awal dengan menggunakan peralatan yang sederhana serta memberikan hasil dalam waktu yang cepat,” tukas Honesti.

Adapun berbagai produk alat-alat kesehatan yang diproduksi oleh fasilitas pabrik tersebut adalah:
1. Test Kehamilan (hCG test)
2. Tes Hepatitis (HBsAg test)
3. Tes Sifilis
4. Tes Malaria
5. Tes Dengue (IgG/IgM test)

Fasilitas Produksi Rapid Test Kimia Farma tersebut diresmikan oleh Nila F. Moeloek, Menteri Kesehatan RI, dan disaksikan oleh jajaran Kementerian Kesehatan RI, Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya, Dewan Komisaris Kimia Farma, dan Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir beserta jajaran Direksi Kimia Farma Group, pada 24 Januari 2018 di Gedung Rapid Test, Jalan Cargo Taman II No. 9, Denpasar, Bali.

Sementara itu, Kimia Farma saat ini sedang menunggu perizinan untuk memproduksi berbagai alat kesehatan vital, yakni:
1. HIV 1&2 Test
2. Drug Test; yang terdiri atas Morphine Test, Cocaine Test, Mariyuana Test, Amphetamine Test, Methamphetamine Test, Ecstasy Test, dan Benzodiazepine Test.

Fasilitas Produksi Rapid Test adalah komitmen kemandirian Kimia Farma yang diharapkan dapat mengembangkan produk lokal Indonesia serta sebagai upaya Perseroan menjadi perusahaan Healthcare pilihan utama yang terintegrasi dan menghasilkan nilai yang berkesinambungan. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…