46,3 Juta Wisatawan Diharapkan Kunjungi Jabar 2017

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Januari 2017 - 12:01 WIB

Eksotisme Pantai Santolo Garut
Eksotisme Pantai Santolo Garut

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan sekitar 46,3 juta wisatawan yang terdiri dari 45 juta wisatawan lokal dan 1,3 juta wisatawan mancanegara atau asing berkunjung ke Jawa Barat pada tahun 2017.

"Saya optimis target kunjungan wisata tahun 2017 bisa tercapai apalagi untuk wisatawan mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida, di Kota Bandung, Senin (9/1).

Menurut dia, optimisme tersebut didasarkan pada pencapaian jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Jawa Barat pada tahun 2016 yang melampaui target.

"Alhamdulilah, tahun kemarin kita targetkan kunjungan wisatawan nusantara 38 juta, wisatawan mancanegara 1,1 juta, tapi realisasinya total kunjungan wisatawan sepanjang tahun 2016 mencapai 46,1 juta, yang terdiri dari 45 juta wisatawan nusantara dan 1,1 juta wisatawan mancanegara," kata dia.

Pada tahun 2017, kata Ida, Disparbud Jawa Barat akan menggenjot potensi wisata di Kawasan Utara dan Selatan Jawa Barat seperti di Cirebon, Indramayu yang terkenal dengan potensi wisata sejarah Keraton Kasepuhan dan lain-lain.

"Kemudian di Selatan Jabar ada rencana mengaktifkan kembali rel-rel ke daerah wisata. Ini kami sambut baik untuk mendukung target kunjungan wisatawan pada tahun ini (2017)," kata dia.

Ia menuturkan selama tahun 2016 ada sejumlah daerah favorit yang dikunjungi wisatawan di Jawa Barat diantaranya kawasan Bandung Raya, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi dan Bogor.

Selain itu, lanjut dia, keberadaan objek wisata baru yakni Taman Bumi atau Geopark Park Ciletuh, di Kabupaten Sukabumi yang baru dibuka beberapa tahun lalu ternyata menjadi "primadona" wisata baru untuk Provinsi Jawa Barat.(Ant/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.