BP Batam Dorong Xiaomi Ekspansi Pabrik Ponsel Pintar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 Januari 2018 - 08:22 WIB

Lukita Dinasyah Tuwo sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam (Foto Ist)
Lukita Dinasyah Tuwo sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mendorong perusahaan elektronik dan perangkat unak asal China, Xiaomi Inc, untuk berekspansi melalui pabrik ponsel pintarnya yang berada di Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Kami sedang mendorong perwakilan Xiaomi untuk ekspansi menambah kapasitas. Kalau mau investasi, saya akan carikan lahannya dan bantu proses perizinannya sehingga bisa cepat selesai," kata Lukita yang ditemui awak media di kompleks Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (23/1/2018)

Mantan Sekretaris Kemenko Perekonomian tersebut mengungkapkan bahwa perwakilan dari pihak Xiaomi sedang menjajaki kemungkinan ekspansi pabrik tersebut.

Ia mengatakan pihak Xiaomi sudah melihat bahwa produksi ponsel pintar mereka di Batam dapat berjalan baik, kualitasnya bisa terjaga, dan tepat waktu dari sisi "supply".

Selain ekspansi, BP Batam juga mendorong Xiaomi supaya dapat membangun industri pemasoknya (supplier), sehingga ekosistem bisnis mereka dapat terbentuk di Batam.

"Di Batam ada fasillitas bandara dan pelabuhan, bisa untuk logistik mereka," ucap Lukita.

BP Batam akan memberikan fasilitas izin investasi 3 jam (i23j) atau layanan pengurusan izin investasi yang dijamin beres dalam jangka waktu tiga jam kerja sejak calon investor melakukan pendaftaran.

"Layanan izin investasi 3 jam ini pasti ada turunan lainnya. BP Batam akan mengawal supaya perizinan dari investor bisa dipercepat, karena tidak semua perizinan dari BP Batam. Setiap saat BP Batam siap berdialog untuk mencari solusi," kata Lukita.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.