Masih Suka Bingung Antara Yukata dan Kimono? Ini Perbedaannya

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Januari 2018 - 19:00 WIB

Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)
Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pakaian tradisional Kimono dan Yukata merupakan pakaian tradisional masyarakat Jepang. Tetapi, bagi orang awam Kimono sama saja seperti Yukata. Karena, jika dilihat dengan sekesama, kedua pakaian tersebut hampir mirip dan motifnya juga hampir sama.

Nama Kimono lebih populer dibandingkan Yukata, tetapi pakaian ini sama-sama cantik kok. Padahal, Kimono dan Yukata memang penampilannya sama tetapi sebenarnya berbeda sekali, lho!

Untuk lebih tahu perbedaannya Kimono dan Yukata, Michiko Kannari, Chief Editor Japon Magazine memberikan informasi agar Kamu tidak salah lagi nih menyebut Kimono dengan Yukata dan sebaliknya.

Saat dutemui Industry.co.id di Citywalk Sudirman, dalam acara Japon Japan Fair 2018, berikut pernyataan dari Michiko perbedaanya :

1. Kimono, memiliki bagian dalam yang disebut "Nagajuban". Kimono dan Yukata juga memiliki "Obi" (sabuk).
2. Pada umumnya, Kimono menggunakan bahan kain sutra. Sedangkan, Yukata menggunakan bahan katun.
3. Yukata, biasanya digunakan pada saat musim panas, orang Jepang jaman dulu kalo mau tidur, tidurnya pake Yukata. Lalu juga kalau habis mandi berendam pakai Yukata, pokoknya kalau keluar pakai yukata.
4. Kimono biasa digunakan saat momen formal, sedangkan Yukata digunakan saat momen informal.
5. Jadi, kalau musim dingin bisa memakai Kimono karena bahannya tebal dan cukup hangat. Ada yang unik nih dari pakaian Kimono. Bagi wanita yang masih single mereka menggunakan lengan yang cukup lebar dan panjang yang artinya, jika mereka jalan otomatis lengan tersebut melambai-lambai dan hal itu mengartikan untuk menarik atau mengajak cowok-cowok Jepang atau merayu. Sedangkan, untuk wanita yang sudah menikah disarankan untuk tidak memakai Kimono berjenis tersebut.
6. Geta merupakan alas kaki untuk Yukata, kalau Kimono, setta atau zouri.
7. Kalau ingin menggunakan Kimono, biasanya ada tipsnya yaitu sebelum dipakai, tiga hari sebelumnya digantung supaya tidak ada lipatan dihanger pakaian khusus Kimono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin