IDAI: Susu Kental Manis Bukan untuk Diminum, Ini Alasannya!

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 23 Januari 2018 - 17:36 WIB

PP Muslimat NU menyoroti pentingnya peran masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka stunting.
PP Muslimat NU menyoroti pentingnya peran masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka stunting.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ikatan Dokter Anak Indonesia menegaskan bahwa susu kental manis bukan untuk diminum melainkan untuk campuran makanan. Pihaknya juga meminta produsen susu kental manis (SKM) untuk menjelaskan peruntukannya . Sebabnya susu kental manis mengandung 90 persen gula dan tidak lebih dari 10 persen mengandung protein susu dan vitamin lainnya.

Kok perusahaannya mau laku jadi di labelnya dituliskan 1 sendok susu dicampur air untuk diminum. Di negara lain susu kental manis dijadikan topping makanan bukan untuk diminum, kata Dr. Damayanti Rusli, S, pAK, Phd anggota UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam seminar bertajukan Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Anak Indonesia Zaman Now, No Malnutrisi, No Obesitas, Sayangi Anak dengan makan bergizi seimbang, di Jakarta, Selasa (22/1/2018).

Menurutnya, susu kental manis dinilai tidak cocok dikonsumsi rutin untuk anak karena terlalu banyak mengandung gula dan lemak tapi sedikit kalsium. Kandungan itu dikhawatirkan akan memicu sejumlah masalah pada anak, di antaranya obesitas bahkan diabetes.

Tingginya gula dalam SKM ujarnya dapat membuat anak kehilangan nafsu makan terutama sayuran dan buah-buahan. Mereka akan lebih memilih mengonsumsi yang manis-manis dan ini bisa menyebabkan obesitas, salah satunya, ungkapnya

Bahkan menurut majelis kesehatan dunia atau World Health Assembly, susu kental manis maupun susu formula juga bahkan tidak boleh dipasarkan untuk bayi, karena yang diutamakan adalah ASI. Terkait perusahaan yang memanfaatkan anak-anak dalam iklan produk mereka itu sudah salah.

Label dan iklan ini sudah tentu menyesatkan para orang tua, SKM diperuntukan sebagai topping makanan dan minuman sekarang beralih menjadi minuman menyehatkan, paparnya.

Sementara itu, Siti Masrifah Chifa anggota Komisi IX DPR RI menilai konten pada iklan minuman susu kental manis harus dirubah, sebabnya dalam konten tersebut ditayangkan seorang anak minum susu kental manis, padahal di seluruh dunia pemanfaatannya untuk topping, campuran kue, pemanis dan lainnya.

Kalau konten iklan komisi IX tidak memiliki wewenang, tapi kami akan menyampaikannya ke komisi I DPR dan akan berkordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia. Masyarakat harus disosialisasikan, mengenai kandungan dalam kandungan kemasan susu kental manis, ujarnya. Namun, dirinya mengajak para ibu untuk melek nutrisi demi mewujudkan generasi emas 2045.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menyatakan PT Sariwangi Agricultural Estate Agency (SAEA) dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung pailit karena dinilai gagal membayar utang.

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:32 WIB

Perusahaan Teh Legendaris Sariwangi Divonis Pengadilan Bangkrut

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menyatakan PT Sariwangi Agricultural Estate Agency (SAEA) dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung pailit karena dinilai gagal membayar utang.

BNI Pecahkan Rekor MURI, Ajak 3.500 Pelajar Belajar Perbankan Serentak (Foto Rino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:31 WIB

BNI Pecahkan Rekor MURI, Ajak 3.500 Pelajar Belajar Perbankan Serentak

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, melalui salah satu Kantor BNI Wilayah Kemayoran mengajak sekitar 3.500 pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama untuk mengunjungi salah…

Direktur Metland Olivia Surodjo dan Head of Residential Keppel Land Indonesia Supardi Ang menunjukan maket The Riviera

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:17 WIB

Metland-Keppel Land Luncurkan Rumah Tapak Senilai Rp 10 Miliar

Pengembang properti, PT Metropolitan Land (Metland)Tbk melakukan join operation (JO) bersama dengan pengembang Singapura, Keppel Land Limited untuk pengembangan tahap ketiga proyek perumahan…

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics Summit & Awards 2018

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:04 WIB

Lintasarta Sabet Penghargaan Kualitas Layanan Data Center & Cloud

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics…

Homestay - foto IST

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:55 WIB

Homestay di Danau Toba Akan Berstandar ASEAN

Pengembangan kawasan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi prioritas memiliki potensi pariwisata yang besar. Dari sisi amenitas, Pengembangan homestay berstandart Asean terus dikebut. Goalnya…