PGE Lahendong Sulut Cari Sumber Geothermal Baru

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Januari 2018 - 13:30 WIB

Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)

INDUSTRY.co.id - Tomohon - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong, Sulawesi Utara (Sulut) terus mencari sumber-sumber baru yang memungkinkan menghasilkan energi panas bumi di Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) Lahendong, kata General Manager Salvius Patangke, Senin (22/1/218)

"Untuk memastikan potensi energi panas bumi, saat ini tim eksplorasi Pertamina terus melakukan survei geologi, geokimia, dan geofisika," kata Salvius di Tomohon.

Upaya mencari sumur baru, lanjut dia, terus dilakukan untuk memelihara sekaligus memastikan produksi tidak menurun.

Saat ini, PGE Area Lahendong akan melakukan pengembangan unit tujuh dan delapan di blok Lahendong dan Tompaso.

Dua unit ini, diperkirakan dapat menghasilkan 2X20 megawatt sehingga total keseluruhan yang mampu diproduksi sebesar 8X20 megawatt.

"Saat ini sudah dioptimalkan sebesar 6X20 megawatt, sebanyak 4X20 dari blok Lahendong dan 2X20 dari blok Tompaso," katanya.

Dia menambahkan, hingga saat ini rata-rata yang diproduksi di setiap unit sebesar 2X20 megawatt, tidak seperti di Kamojang dan Star Energy di Jawa Barat serta Lampung yang mampu dioptimalkan hingga di atas 100 megawatt.

"Kenapa demikian karena kebutuhan energi listrik di daerah relatif lambat sehingga Pertamina tidak membangun sistem kelistrikan yang lebih besar," ujarnya.

Dia berharap, selain di blok Lahendong dan Tompaso, ada juga sumber energi panas bumi yang secara keekonomian bisa dikembangkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…