PGE Lahendong Sulut Cari Sumber Geothermal Baru

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Januari 2018 - 13:30 WIB

Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)

INDUSTRY.co.id - Tomohon - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong, Sulawesi Utara (Sulut) terus mencari sumber-sumber baru yang memungkinkan menghasilkan energi panas bumi di Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) Lahendong, kata General Manager Salvius Patangke, Senin (22/1/218)

"Untuk memastikan potensi energi panas bumi, saat ini tim eksplorasi Pertamina terus melakukan survei geologi, geokimia, dan geofisika," kata Salvius di Tomohon.

Upaya mencari sumur baru, lanjut dia, terus dilakukan untuk memelihara sekaligus memastikan produksi tidak menurun.

Saat ini, PGE Area Lahendong akan melakukan pengembangan unit tujuh dan delapan di blok Lahendong dan Tompaso.

Dua unit ini, diperkirakan dapat menghasilkan 2X20 megawatt sehingga total keseluruhan yang mampu diproduksi sebesar 8X20 megawatt.

"Saat ini sudah dioptimalkan sebesar 6X20 megawatt, sebanyak 4X20 dari blok Lahendong dan 2X20 dari blok Tompaso," katanya.

Dia menambahkan, hingga saat ini rata-rata yang diproduksi di setiap unit sebesar 2X20 megawatt, tidak seperti di Kamojang dan Star Energy di Jawa Barat serta Lampung yang mampu dioptimalkan hingga di atas 100 megawatt.

"Kenapa demikian karena kebutuhan energi listrik di daerah relatif lambat sehingga Pertamina tidak membangun sistem kelistrikan yang lebih besar," ujarnya.

Dia berharap, selain di blok Lahendong dan Tompaso, ada juga sumber energi panas bumi yang secara keekonomian bisa dikembangkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.