PGE Lahendong Sulut Cari Sumber Geothermal Baru

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Januari 2018 - 13:30 WIB

Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)

INDUSTRY.co.id - Tomohon - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong, Sulawesi Utara (Sulut) terus mencari sumber-sumber baru yang memungkinkan menghasilkan energi panas bumi di Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) Lahendong, kata General Manager Salvius Patangke, Senin (22/1/218)

"Untuk memastikan potensi energi panas bumi, saat ini tim eksplorasi Pertamina terus melakukan survei geologi, geokimia, dan geofisika," kata Salvius di Tomohon.

Upaya mencari sumur baru, lanjut dia, terus dilakukan untuk memelihara sekaligus memastikan produksi tidak menurun.

Saat ini, PGE Area Lahendong akan melakukan pengembangan unit tujuh dan delapan di blok Lahendong dan Tompaso.

Dua unit ini, diperkirakan dapat menghasilkan 2X20 megawatt sehingga total keseluruhan yang mampu diproduksi sebesar 8X20 megawatt.

"Saat ini sudah dioptimalkan sebesar 6X20 megawatt, sebanyak 4X20 dari blok Lahendong dan 2X20 dari blok Tompaso," katanya.

Dia menambahkan, hingga saat ini rata-rata yang diproduksi di setiap unit sebesar 2X20 megawatt, tidak seperti di Kamojang dan Star Energy di Jawa Barat serta Lampung yang mampu dioptimalkan hingga di atas 100 megawatt.

"Kenapa demikian karena kebutuhan energi listrik di daerah relatif lambat sehingga Pertamina tidak membangun sistem kelistrikan yang lebih besar," ujarnya.

Dia berharap, selain di blok Lahendong dan Tompaso, ada juga sumber energi panas bumi yang secara keekonomian bisa dikembangkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kadin

Selasa, 18 September 2018 - 21:05 WIB

Kadin Minta Pemerintah Tak Ikut Arus Perdagangan Global

Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Handito Joewono meminta pemerintah tidak ikut arus perdagangan global.

Xpeng, Mobil listrik hasil kolaborasi iPhone dan Alibaba sesumbar siap melawan setiap produk mobil listrik keluaran Tesla

Selasa, 18 September 2018 - 20:34 WIB

Saingi Tesla, Raja Salman Rela Rogoh Kocek Rp 15 Triliun

Raja Salman dari Arab Saudi menanamkan uang senilai sekitar US$1 miliar atau sekitar Rp15 triliun ke sebuah perusahaan mobil listrik yang menjadi pesaing mobil listrik populer Tesla Motor. Investasi…

Foto Ilustrasi Impor Produk E-commerce

Selasa, 18 September 2018 - 20:20 WIB

Kini Impor Barang e-Commerce Seharga US$75 Kena Bea Masuk

Pemerintah bakal mengubah aturan tentang impor barang kiriman lewat e-commerce. Perubahan regulasi itu ditulis melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 112/PMK.04/2018.Ditjen Bea cukai…

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO (Foto Herlambang)

Selasa, 18 September 2018 - 19:50 WIB

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO

Anak-anak perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro kembali menerima sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Dirut BRI Suprajarto dan CEO Lippo Group James T Riady, (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 18 September 2018 - 19:45 WIB

Bank BRI-Siloam Hospitals Perkuat Layanan Perbankan dan Layanan Kesehatan

Upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk untuk meningkatkan layanan jasa perbankan kepada para nasabahnya terus dilakukan. Kali ini Bank BRI menggandeng PT. Siloam International Hospitals,…