Libatkan Pengembang Daerah, Kadin Dorong Pengembangan Perumahan Rakyat

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 Januari 2018 - 13:05 WIB

Perumahan Rakyat (Dok Industry.co.id)
Perumahan Rakyat (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mengatasi backlog perumahan nasional.

Kadin selaku induk organisasi mengharapkan bahwa program kerjasama kemitraan bisa menjadi model yang dapat diperluas sehingga bisa melibatkan dan bekerjasama dengan para pengembang maupun asosiasi pengembang properti.

"Melalui kerjasama kemitraan dapat membangun sinergitas antara pengembang nasional dan pengembang daerah. Hal seperti ini juga mendorong suksesnya program sejuta rumah," ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti, Hendro S. Gondokusumo yang juga merupakan Presiden Direktur PT Intiland Development Tbk. melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (23/1/2018).

Dia menambahkan, pelaksanaan program kemitraan dengan pengembang daerah ini sekaligus dapat mengakomodasi pengembangan hunian berimbang yang ditetapkan pemerintah.

Salah satu pelaksanaan program ini ditandai dengan kegiatan ground breaking pembangunan unit-unit rumah dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahaan (FLPP) di kawasan perumahan Puri Permata Indah, Pacitan, Jawa Timur.

Dimulainya pelaksanaan pembangunan unit-unit rumah ini merupakan tindaklanjut dari kesepakatan kerjasama Intiland dan sejumlah pengembang daerah pada bulan Oktober 2017.

Program kerjasama kemitraan ini melibatkan Intiland dengan tiga pengembang properti daerah yakni PT Menara Tinggi Bertumbuh (MTB), PT Cipta Griya Sriwijaya (CGS), dan PT Multi Bangun Realtindo (MBR).

Sementara itu, Direktur Utama MTB Tomi Wistan mengatakan, dalam kerjasama kemitraan ini pihaknya akan membangun unit-unit rumah baru di tahap 2 perumahan Puri Permata Indah. Selain itu, pihaknya juga telah menjalin kolaborasi dengan mengajak dan memberdayakan para pengusaha setempat yang selama ini jangkauan bisnisnya ada di sekitar wilayah Pacitan, meliputi Solo, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Kami percaya dengan menjalin kolaborasi dan kerjasama dengan pengusaha lokal, maka pengembangan proyek ini akan sukses. Kami melihat banyak pengusaha lokal yang potensial dan memiliki pengalaman, sumber daya, jejaring, dan pengenalan pasar yang sangat baik," ujar Tomi.

Salah satu mitra yang akan turut berkolaborasi pada proyek kerjasama kemitraan ini yakni PT Citra Kahuripan Utama, yang merupakan perusahaan kontraktor bangunan di dearah. Perusahaan ini juga memiliki jaringan bisnis pemasaran melalui bendera Somerset Property.

Direktur Utama PT Citra Kahuripan Utama, Anthony menyambut gembira atas kesempatan untuk turut bekerjasama dalam program kemitraan ini. Skema kerjasama kemitraan ini, menurutnya, dapat menjadi contoh yang baik untuk dikembangkan di masa depan.

"Proyek kerjasama kemitraan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi kami para pengusaha di daerah untuk belajar dan bisa lebih berkembang ke depannya," kata Anthony.

Program kerjasama kemitraan dirancang dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia. Masing-masing pihak memiliki komitmen dan kepedulian yang sama untuk memberikan solusi penyediaan hunian yang layak di daerah-daerah.

Puri Permata Indah adalah salah satu pengembangan kawasan perumahan seluas empat hektar yang dikembangkan Intiland sejak tahun 2007 dengan menggandeng kontraktor lokal. Perseroan saat ini telah merampungkan pengembangan tahap pertama untuk lahan seluas tiga hektar.

MTB rencananya membangun sebanyak 118 unit rumah dengan harga jual 130 juta per unit yang mendapatkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) di lahan seluas satu hektar. Lokasi proyek ini sangat strategis, berada di kawasan tinggi dan bebas banjir serta hanya berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota Pacitan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…