Lebaran Tahun ini, Tol Trans Jawa Ditargetkan Tembus ke Semarang

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 09 Januari 2017 - 11:10 WIB

Ilsutrasi Jalan Tol. (Adek Berry/AFP/Getty Images)
Ilsutrasi Jalan Tol. (Adek Berry/AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Jalan tol Trans Jawa ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional pada Lebaran Tahun ini, atau sekitar Juni 2017. Hingga kini, ada tiga ruas tol yang belum beroperasi karena belum tersambung satu sama lainnya. Ketiganya adalah ruas Brebes Timur-Pemalang sepanjang 37,3 kilometer, ruas Pemalang-Batang sejauh 39,19 kilometer dan ruas Batang-Semarang berjarak 75 kilometer.

“Kami optimistis, ruas tol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah yang belum beroperasi akan segera beroperasi karena proses pembebasan lahan untuk tol tersebut ditargetkan selesai akhir Januari 2017,” ujar Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), usai berkunjung ke ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, Sabtu (7/1).

Basuki mengemukakan, kunjungan yang dilakukan dirinya kali ini bertujuan untuk memastikan jalan tol Trans Jawa, dari Jakarta ke Surabaya, sepanjang 650 kilometer dapat selesai pada 2018. Selain itu, kunjungannya tersebut juga untuk meyakinkan bahwa jalan Tol Trans Jawa tersebut sudah dapat dioperasikan secara fungsional hingga menembus Semarang pada liburan Lebaran tahun ini.

“Kendati baru secara fungsional, tetapi ruas tol tersebut sudah dilapis beton sehingga fasilitas mudik tahun ini dapat lebih baik dibanding pada 2016,” tukasnya.

Karena itu, demikian Basuki, Kementerian PUPR bersama PT Jasa Marga, PT Waskita Karya dan PT Sumber Mitra Jaya berkomitmen untuk menjaga ritme kerja agar proyek jalan tol tersebut dapat selesai tepat waktu.

Basuki memaparkan, jika jalan tol Trans Jawa sudah dapat beroperasi secara fungsional, maka alternatif untuk merekayasa lalu lintas akan semakin banyak karena arus lalu lintas dapat terbagi dan tidak hanya terfokus di Brebes Timur saja seperti pada 2016.

Saat ini, menurut Basuki, pembangunan ruas tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25% dan pembebasan lahannya sudah mencapai 98%. Kendati ditargetkan selesai seluruhnya pada Desember 2017, namun ruas tol ini diharapkan dapat beroperasi secara fungsional sehingga dapat dilalui pemudik pada liburan Lebaran tahun ini. Ruas tol Pejagan-Pemalang berjarak 57,5 kilometer dan terdiri dari empat seksi. Adapun seksi 1 dan 2 yang berakhir di Brebes Timur sudah beroperasi sejak Juni 2016.

Untuk ruas tol Pemalang-Batang sepanjang 39 kilometer juga ditargetkan beroperasi secara fungsional pada musim mudik tahun ini, kendati secara keseluruhan baru dapat beroperasi pada Desember 2018. Saat ini, pembangunan ruas tol Pemalang-Batang baru 6,63% dan pembebasan lahan baru 80,80%.

Pembangunan ruas tol ini menghadapi kendala karena kualitas tanah di beberapa kilometer terlalu lunak sehingga perlu ditangani secara intensif dengan metode vakum. “Akhir Januari ini, metode vakum tersebut akan diuji kembali, apakah dapat menjadi solusi atau tidak. Jika tidak, maka kami akan mencari solusi lain agar ruas tol tersebut dapat berfungsi saat musim mudik tahun ini,” tukas Basuki

Adapun beberapa lokasi di ruas tol Batang-Semarang yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada April 2016, demikian Basuki, sudah dapat dilalui. Karena itu, kendati ditargetkan baru dapat beroperasi seluruhnya pada Desember 2018, namun saat musim mudik tahun ini ruas tersebut sudah dapat dioperasikan secara fungsional. Ruas tol berjarak 75 kilometer tersebut terdiri dari lima seksi. Pembangunannya baru mencapai 10,95% dan pembebasan lahannya baru sekitar 65,15%.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…