Vivo Siapkan Diri Hadapi Tren Fitur dan Inovasi Smartphone Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Senin, 22 Januari 2018 - 17:42 WIB

Vivo Hadirkan Smartphone Berteknologi In-Display Fingerprint
Vivo Hadirkan Smartphone Berteknologi In-Display Fingerprint

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ditengah ketatnya kompetisi, Vivo menjadi salah satu brand smartphone global yang aktif menghadirkan inovasi. Beberapa fitur dan teknologi diprediksi berbagai pengamat akan menjadi tren smartphone 2018.

Layar Penuh Minim Bezel

Pengamat memprediksi akan ada peralihan besar-besaran dalam desain smartphone ke format tampilan 18:9 yang mana ini juga akan menjadi semakin mainstream ditemukan pada tahun 2018. Vivo sendiri mulai menghadirkan inovasi layar 18:9 ini melalui Vivo V7+ pada September 2017 lalu.

Layar minim bezel juga memberi keleluasaan untuk berbagai kebutuhan seperti streaming, chatting, dan browsing. Dengan fitur layar 18:9 FullView Display yang disambut positif, Vivo sepertinya akan semakin fokus untuk mengembangkan teknologi layar untuk tahun ini. 

Irfan Alvianto, Product Manager Vivo Indonesia menyatakan, teknologi layar bezel-less masih akan terus dikembangkan untuk rangkaian produk Vivo tahun ini.

"Bukan hanya mendukung kenyamanan untuk tampilan visual dan konten, layar FullView menjadikan desain smartphone semakin elegan, compact, dan ergonomis tanpa mengurangi kenyamanan, bahkan saat digunakan dengan satu tangan," kata Irfan.

Ia menambahkan, saat ini, tim riset dan pengembangan Vivo masih terus mengembangkan teknologi layar yang semakin meminimalisir rasio layar dan bezel yang hasilnya dapat dinikmati konsumen Vivo secepatnya.

Pemindai Wajah

Peningkatan aspek keamanan pada smartphonemenjadi tuntutan. Fitur pemindai wajah telah mulai dipopulerkan pada tahun lalu, termasuk oleh Vivo dengan Face Acess pada seri V7+ dan V7. Walaupun fingerprint masih menjadi pilihan umum yang digunakan oleh konsumen, fitur Face Access memberikan lebih banyak pilihan untuk kenyamanan mengakses smartphone.

Fitur Face Access yang dihadirkan Vivo mampu memindai wajah pengguna dalam waktu kurang dari 1 detik. Fitur pemindai wajah ini juga didukung dengan fiturRaise to Wake yang membuat smartphone dapat terbuka tanpa perlu menyentuh layar atau tombol pada smartphone. Fitur Face Access juga berfungsi pada kondisi cahaya minmal, dan ketika menggunakan aksesoris seperti kacamata, atau topi.

Pada tahun 2018, diprediksi akan semakin banyak produsen smartphone yang membenamkan teknologi Face Scanner, dan menjadikan teknologi ini semakin familiar bagi pengguna.

Sensor Sidik Jari Bawah Layar

Sejak awal tahun lalu, wacana mengenai teknologi sidik jari bawah layar memang telah tergulir oleh beberapa merek smartphone. Setelah menampilkan prototype-nya pada MWC Shanghai 2017 lalu, Vivo yang berpartisipasi pada gelaran CES 2018 Las Vegas pertengahan Januari ini menghadirkan Vivo In-Display Fingerprint Scanning Technology dalam smartphone siap produksi. Bukan hanya disambut positif oleh para pelaku dan pengamat industri global, Vivo bersama mitra global Synaptics menjadi brand smartphone pertama yang menghadirkan smartphoneberteknologi ini.

Para smartphone enthusiast seperti DigitalTrends dan Gadget360 pun ikut memprediksi bahwa fitur In-Display Fingerprint Scanner akan menjadi salah satu fitur yang diantisipasi tahun 2018 ini.

Teknologi 5G

Teknologi 5G telah menjadi wacana yang terus digulirkan dalam duatahun terakhir. Di Indonesia, pemerintah masih dalam proses implementasi 4G LTE secara nasional dengan beberapa daerah masih mengenai 3G dan 2G sebagai koneksi utama. Namun, perkembangan telekomunikasi global sepertinya semakin siap untuk menyambut 5G sebagai standar baru untuk smartphone dan komunikasi berbasis internet.

Vivo telah mulai bersiap dalam menyambut teknologi 5G. Pada awal 2017 lalu, Vivo Smartphone memperkenalkan terobosan teknologi untuk High Power User Equipment (HPUE) pada gelaran the Global TD-LTE Initiative (GTI) Summit 2017 di Barcelona, Spanyol. Vivo menghadirkan teknologi untuk menggandakan daya tangkap sinyal yang membantu para pengguna smartphone untuk dapat tetap menikmati layanan internet walaupun dalam kondisi sinyal lemah.

Teknologi ini membawa perkembangan yang progresif bagi ekosistem 5G yang sinergis untuk pengalaman internet yang lebih cepat, penyimpanan yang lebih besar, dan menambah kecepatan dalam memproses data.  Walaupun prototype-nya telah dipersiapkan oleh Vivo, aplikasi teknologi 5G ini masih harus disesuaikan dengan kesiapan infrastruktur serta sarana pendukung lainnya untuk dapat dinikmati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…