Menperin Airlangga Apresiasi PT RAPP yang Turut Serta Ciptakan SDM Kompeten Melalui Pendidikan Vokasi

Oleh : Ridwan | Senin, 22 Januari 2018 - 08:15 WIB

Menperin Airlangga Hartarto dalam kunjungan kerjanya ke PT RAPP di Riau, Pekanbaru (Foto: Humas)
Menperin Airlangga Hartarto dalam kunjungan kerjanya ke PT RAPP di Riau, Pekanbaru (Foto: Humas)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengapresiasi Tonato Foundation dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang telah mendukung upaya penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) industri kompeten dengan melibatkan Perguruan Tinggi dan SMK di Riau.

Hal ini selaras dengan program pendidikan vokasi industri dan kebijakan link and match SDM industri yang sedang gencar didorong oleh pemerintah.

"Harapannya, perkembangan industri di Riau kebutuhan SDM-nya sebagian besar dapat dipenuhi dari tenaga kerja lokal," kata Menteri Airlangga, saat penandatanganan perjanjian kerjasama antara Universitas Riau dengan Tanoto Foundation dan PT RAPP dan program pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Unigraha Hotel, Pangkalan Kerinci, Minggu (21/1/2018).

Menurutnya, program vokasi sejalan dengan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia.

Penandatanganan MOU antara Universitas Riau, Tanoto Faundation, dan PT RAPP yaitu tentang pembangunan sarana perkuliahan dan sarana penunjang program Diploma 3 Teknik Kimia Pulp dan Kertas di Fakultas Teknik Universitas Riau.

Selain iti, penandatanganan MOU juga dilakukan PT RAPP dengan SMK, yaitu berupa bantuan peralatan pendidikan dan pemberdayaan sumber saya manusia.

Menteri Airlangga berharap, kerjasama antara Universitas Riau dengan Tanoto Foundation/PT RAPP dan Program Pemberdayaan SMK dapat berjalan dengan baik dan menjadi sebuah langkah bagi PT RAPP untuk menjadi lebih sukses serta memberikan kontribusi maksimal dalam peningkatan sosial ekonomi nasional pada umumnya dan Provinsi Riau pada khususnya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada perusahaan karena telah mendukung industri dalam negeri dan ikut serta mensukseskan program pemerintah. Industri hebat !," tutur Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…