Danurwindo Duduki Kursi Direktur Teknik Timnas

Oleh : Irvan AF | Senin, 09 Januari 2017 - 08:33 WIB

Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Welington (bj)
Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Welington (bj)

INDUSTRY.co.id, Bandung - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk pelatih senior Danurwindo menjadi direktur teknik (dirtek) timnas meski hingga saat ini induk organisasi sepak bola Indonesia ini belum menentukan pelatih timnas.

"Memang benar. Kami menunjuk Danurwindo sebagai dirtek. Selain punya rekam jejak di sepak bola senior hingga tingkat internasional, dia juga pandai dalam pendidikan usia dini. Ini sesuai dengan arahan dari ketua," kata Sekjen PSSI Ade Wellington di Bandung, Minggu (8/1/2016).

Menurut dia, Danurwindo diharapkan tidak hanya mampu fokus dalam pembinaan akar rumput tetapi juga mampu mengsingkronkan program kerja pelatih timnas dalam berbagai level mulai dari senior,U-23, U-19 hingga U-16.

Selain itu, mantan pelatih Persija ini juga diharapkan mampu membuat kurikulum mulai sistem kepelatihan, sepak bola wanita, akademi sepak bola hingga pendidikan untuk wasit. Hal ini dilakukan demi peningkatan prestasi sepak bola Indonesia dari berbagai level.

Sementara itu, Danurwindo mengaku siap mengemban tugas yang dibebankan oleh PSSI. Bahkan, pria berusia 65 tahun ini sudah mempunyai rancangan program yang bakal dilakukan. Salah satu fokus yang dilakukan adalah menyetarakan cara latihan antara pemain junior dengan senior.

"Untuk bisa berprestasi kita harus mengetahui level sepak bola kita dimana. Asean, Asia atau bahkan lebih tinggi. Kalau level kita Asean jelas kita kalah dengan Thailand maupun negara yang lain. Makanya kita harus tahu dulu posisi kita," katanya.

Menurut dia, selain kita harus mengetahui level kita juga harus mengetahui dengan detail cara bermain kita. Untuk itu harus ada pembinaan berkesinambungan. Selama ini antara junior dengan senior tidak ada hubungan yang membuat timnas kuat.

"Makanya kita harus memiliki kurikulum. Minta masukan ke pemain untuk menanyakan apa kekurangan kita. Setelah itu kita mau kemana. Kita juga harus meminta masukan dari pihak luar seperti masalah sport science," kata mantan pelatih Persema Malang itu.

Dengan pengalaman yang dimiliki, Danurwindo berusaha memberikan yang terbaik. Apalagi kepercayaan yang diberikan PSSI cukup tinggi yaitu untuk membawa kejayaan sepak bola Indonesia.

Dalam tugasnya, Danurwindo juga diharapkan mampu bekerja sama dengan pelatih timnas yang dalam waktu dekat bakal ditentukan. Untuk level senior ada dua kandidat yaitu Luis Fernandez dan Luis Milla. Level U-19 ada nama Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal dan level U-16 ada nama Fakhri Husaini dan Rudy Eka Priyambada.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para…