Ayo Serbu Rumah DP 0 Rupiah, Ini Syaratnya!

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 21 Januari 2018 - 08:00 WIB

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta jajarannya saat melakukan groundbreaking pembangunan rumah DP 0 persen
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta jajarannya saat melakukan groundbreaking pembangunan rumah DP 0 persen

INDUSTRY.co.id,Jakarta - Baru-baru ini Pemprov DKI telah melakukan groundbreaking program rumah DP Nol rupiah, di Klapa Village di kawasan Pondok Kelapa Jakarta Timur. Disebut DP 0 Rupiah, sebab dalam hal ini bank tetap mendapatkan uang muka, hanya saja ditanggung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Program ini dicetus guna mengganti prasyarat DP yang dinilai cukup tinggi bagi sebagian masyarakat, dengan prasyarat lain untuk memastikan pembayaran kredit yang lebih dapat dipenuhi oleh warga. Misalnya:

Konsistensi jumlah saldo tabungan di bank, sebesar proporsi tertentu dari nilai properti dalam jangka waktu 6 bulan terakhir. Kisarannya sekitar Rp2,3 juta per bulan.

Konsistensi perilaku menabung di bank selama jangka waktu 6-12 bulan terakhir.

Lantas siapa saja yang bisa menikmati program ini? Adalah seluruh warga DKI Jakarta (dibuktikan dengan KTP) yang masuk ke golongan kelas menengah ke bawah, dengan penghasilan total rumah tangga sampai sekitar Rp7 juta per bulan, serta belum memiliki properti sendiri.

Ini juga berlaku untuk para pekerja informal yang selama ini kesulitan mendapatkan fasilitas kredit, karena tipe penghasilan yang tidak tetap seperti pekerja formal.

Satu hal yang perlu menjadi catatan, dalam program DP 0 Rupiah, hunian yang dimaksud bukan rumah tapak seperti yang ada pada klaster-klaster, melainkan rumah vertikal alias rumah susun seperti yang sudah banyak hadir di Jakarta.

Pada tahap awal, akan dibangun 703 unit hunian yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Harga per unitnya untuk yang tipe 36 adalah Rp 320 juta, tipe 21 harganya Rp 185 juta.

Akan tetapi jangan khawatir, bagi masyarakat yang tidak menyukai tinggal di hunian bertingkat, berikut daftar rumah tapak dalam cluster yang bisa dibeli tanpa uang muka. Apa saja contohnya?

Heavenly Residence, Jakarta Timur

The Ariston Platinum, Depok

Permata Gading Residence, Jakarta Utara

Sawangan Hills 3, Depok

Botania Lake Residence, Depok

Grand Victoria, Bekasi

Graha Tirta Asri, Bogor

Harvest City, Bogor

Trevista Bekasi, Bekasi

Trevista Serua, Ciputat

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.