Ajarkan Islam Moderat Pesantren Nuu Waar Didukung Arab Saudi

Oleh : Wiyanto | Minggu, 21 Januari 2018 - 07:10 WIB

Dubes Saudi Syekh Osama dan Pimpinan Pesantren Nuu Waar Ustadz Fadlan
Dubes Saudi Syekh Osama dan Pimpinan Pesantren Nuu Waar Ustadz Fadlan

INDUSTRY co.idBekasi-Kerajaan Saudi Arabiya mendukung seluruh pondok pesantren yang mengajarkan Islam moderat. Salah satu pesantren yang dianggap moderat adalah Pesantren Nuu Waar. Seluruh santri di tempat ini mayoritas berasal dari Papua.

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaib   menjelaskan atas ajaran-ajaran Islam yang moderat di pesantren ini, pihaknya menaruh perhatian terhadap pesantren  ini.

&ldquo Saya  katakan,  Kerajaaan Saudi mendukung Lembaga Islam yang kembangkan moderasi. Kerajaan tidak mendukung lembaga masyarakat yang anti moderasi yang kedepankan kebencian.  Kita mensupport Yayasan keislaman, yang kedepankan moderasi, rdquo; katanya di Bekasi, Sabtu (20/1/2018).

Oleh karena itulah, ia membuka diri kepada pesantren ini terutama para santri yang akan melanjutnya studynya ke kampus Arab Saudi yang berada di Indonesia. Kampus tersebut adalah LIPIA yang ada di Sumatera dan Pulau Jawa terutama Jakarta dan Surabaya.

Arab Saudi mengundang santri Nuu Waar masuk LIPA di  Surabaya 29 orang, Jakarta 6 orang dan di Aceh 15 orang. Keseluruhan santri yang diterima di LIPA ini bukti konsistensi Kerajaan.

Selain santri yang diterima di LIPIA, Osama mengapresiasi pemimpin Pesantren Nuu Waar, Ustadz Fadlan Garamathan, ia menjuluki putra Papua Asli tersebut denggan julukan kuda hitam dari Papua.

Ustadz Fadlan Garamathan, Pemimpin Pesantren Nuu Waar menyebutkan kehadiran Duta Besar Arab Saudi ini membawa keberkahan bagi santri dan dirinya. :Saya apresiasi syekh Osama yang telah memberi akses Papua di LIPIA.

Pada kesmpatan ini, Ustadz meminta Syekh Osama untuk meresmikan pemancangan Masjid lima lantai. Pendanaan pembangunan Masjid ini melibatkan donatur asal Saudi dan donatur lokal. “Ini Masjid pertama di desa kami,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:46 WIB

Ke Ternate, Menteri BUMN Tinjau Kondisi Korban KMP Bandeng

Pasca insiden karamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Bandeng milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di perairan Loloda, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (15/8) lalu, Menteri Badan…

Presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:39 WIB

Gubernur Olly Akui Presiden Jokowi Perhtikan Kesejahteraan Veteran

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan sebesar…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…