Berkunjung ke Kuningan, Jangan Lupa Icip Empat Kulinernya yang Melegenda

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 Januari 2018 - 19:00 WIB

Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)
Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)

INDUSTRY.co.id, Kuningan - Berbicara tentang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terkenal akan wisata alamnya yaitu berupa curug, Taman Wisata Gunung Gunung Ceremai, Curug Putri, Cadas Gantung. Selain itu, Kuningan juga banyak sekali kuliner-kulinernya yang menggugah selera loh. Apa saja? Berikut empat kuliner khas Kuningan yang melegenda.

1. Tapai Ketan

Makanan khas Kuningan ini, terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi yang dibungkus dengan daun jambu air dan diberi pewarna dengan daun katuk.

Dari daun katuk tersebutlah menimbulkan cita rasa yg enak di lidah. Tape ketan terbuat dari bahan-bahan alami dalam proses pembuatannya dan tidak sedikitpun memakai bahan pewarna kimia atau pengawet makanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memakannya. Makanan ini bisa awet sampai satu minggu lebih, semakin lama usia tape ketan maka akan mengeluarkan air dari hasil fermentasi, air fermentasi tape ketan aman untuk diminum karena rasanya manis.

2. Kupat Tahu

Hucap atau tahu kecap, sebutan lain dari Kupat Tahu bila dilihat dari bentuk fisiknya hampir mirip dengan ketoprak karena sama-sama menggunakan ketupat, bumbu kacang dan kecap. Kupat Tahu Kuningan bumbunya kental, dan tidak memakai toge.

Namun ketupat yang dipakai untuk kupat tahu adalah ketupat biasa yang ketupatnya berwarna lebih coklat dibandingkan dengan ketupat ketoprak karena saat proses perebusan diberi merang padi sehingga memiliki rasa sedikit berbeda dengan ketupat biasa.

Untuk tahunya, menggunakan tahu khas Kuningan yang dipotong-potong dan digoreng tidak garing alias setengah matang.

3. OKB (Opak Ketan Bakar)

Opak ketan termasuk kudapan khas Sunda yang berbahan dasar beras ketan dan memiliki dua rasa, yaitu manis, asin dan gurih.

Opak Ketan yang bisa dikategorikan keluarga kerupuk ini dimasak tidak dengan cara digoreng melainkan dengan dipanggang menggunakan bara api sedang di atas arang kayu.

4. Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Jeniper sendiri singkatan dari jeruk nipis peras, dimana minuman ini banyak sekali memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh anda. Oleh sebab itu minuman jeniper ini selalu banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke kota kuningan untuk dijadikan oleh-oleh.

Jeruk nipis sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin c atau antioksidan cukup banyak. Hal itu yang menjadikan jeniper merupakan salah satu oleh-oleh khas kuningan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto Paspamres berbisik ke Gubernur DKI Aneis Baswedan (TribunAceh)

Minggu, 18 Februari 2018 - 20:12 WIB

Beredar Video Paspamres Halau Gubernur DKI Jakarta di Piala Presiden

Jakarta-Beredar video pendek Gubernur Anies Baswedan dicegah paspamres untuk mengikuti Presiden Joko Widodo ke lapangan dalam rangka menyerahkan piala presiden ke Persija yang menjadi juara…

Presiden Jokowi dan Tim Persija Juara Piala Presiden 2018 (Foto Setkab)

Minggu, 18 Februari 2018 - 20:09 WIB

Istana Tegaskan Tak Cegah Gubernur Anies Dampingi Presiden Jokowi

Istana Kepresidenan menegaskan bahwa tidak ada arahan apapun untuk mencegah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mendampingi Presiden Joko Widodo saat penyerahan Piala Presiden 2018 kepada…

Es Krim Aice beri ucapan selamat pada pemenang Asian Games 2018. (Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 18:50 WIB

Aice Ucapkan Selamat Kepada Para Pemenang Atlet dan INASGOC Pada Asian Games 2018

Dalam rangka persiapan menyambut perhelatan akbar pesta olahraga Asian Games 2018, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) telah melangsungkan dengan sukses Asian Games 2018 Invitation…

Koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Baitul Maal wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu (BMT UGT ) Sidogiri menargetkan asetnya bisa tembus mencapai Rp 5 triliun hingga tahun 2020

Minggu, 18 Februari 2018 - 18:41 WIB

Koperasi Simpan Pinjam BMT UGT Sidogiri Targetkan Aset Tembus Rp 5 Triliun

Koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Baitul Maal wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu (BMT UGT ) Sidogiri menargetkan asetnya bisa tembus mencapai Rp 5 triliun hingga tahun 2020. Untuk tahun…

Wuling Cortez (ist)

Minggu, 18 Februari 2018 - 18:26 WIB

Cortez, MPV Dari Wuling Motors Resmi Meluncur di Yogyakarta

Peluncuran ini merupakan bentuk nyata komitmen Wuling Motors agar lebih dekat dengan konsumennya, selaras dengan semangat' Drive for a Better Life'.