Berkunjung ke Kuningan, Jangan Lupa Icip Empat Kulinernya yang Melegenda

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 Januari 2018 - 19:00 WIB

Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)
Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)

INDUSTRY.co.id, Kuningan - Berbicara tentang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terkenal akan wisata alamnya yaitu berupa curug, Taman Wisata Gunung Gunung Ceremai, Curug Putri, Cadas Gantung. Selain itu, Kuningan juga banyak sekali kuliner-kulinernya yang menggugah selera loh. Apa saja? Berikut empat kuliner khas Kuningan yang melegenda.

1. Tapai Ketan

Makanan khas Kuningan ini, terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi yang dibungkus dengan daun jambu air dan diberi pewarna dengan daun katuk.

Dari daun katuk tersebutlah menimbulkan cita rasa yg enak di lidah. Tape ketan terbuat dari bahan-bahan alami dalam proses pembuatannya dan tidak sedikitpun memakai bahan pewarna kimia atau pengawet makanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memakannya. Makanan ini bisa awet sampai satu minggu lebih, semakin lama usia tape ketan maka akan mengeluarkan air dari hasil fermentasi, air fermentasi tape ketan aman untuk diminum karena rasanya manis.

2. Kupat Tahu

Hucap atau tahu kecap, sebutan lain dari Kupat Tahu bila dilihat dari bentuk fisiknya hampir mirip dengan ketoprak karena sama-sama menggunakan ketupat, bumbu kacang dan kecap. Kupat Tahu Kuningan bumbunya kental, dan tidak memakai toge.

Namun ketupat yang dipakai untuk kupat tahu adalah ketupat biasa yang ketupatnya berwarna lebih coklat dibandingkan dengan ketupat ketoprak karena saat proses perebusan diberi merang padi sehingga memiliki rasa sedikit berbeda dengan ketupat biasa.

Untuk tahunya, menggunakan tahu khas Kuningan yang dipotong-potong dan digoreng tidak garing alias setengah matang.

3. OKB (Opak Ketan Bakar)

Opak ketan termasuk kudapan khas Sunda yang berbahan dasar beras ketan dan memiliki dua rasa, yaitu manis, asin dan gurih.

Opak Ketan yang bisa dikategorikan keluarga kerupuk ini dimasak tidak dengan cara digoreng melainkan dengan dipanggang menggunakan bara api sedang di atas arang kayu.

4. Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Jeniper sendiri singkatan dari jeruk nipis peras, dimana minuman ini banyak sekali memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh anda. Oleh sebab itu minuman jeniper ini selalu banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke kota kuningan untuk dijadikan oleh-oleh.

Jeruk nipis sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin c atau antioksidan cukup banyak. Hal itu yang menjadikan jeniper merupakan salah satu oleh-oleh khas kuningan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…