Kemenperin Ingin Kinerja Industri Pengelolaan Ikan Ditingkatkan

Oleh : Ridwan | Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:48 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Dirjen Industri Agro Kemenperin, Panggah Susanto saat acara peringatan Hari Kakao Indonesia ke-6 (Foto; Humas)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Dirjen Industri Agro Kemenperin, Panggah Susanto saat acara peringatan Hari Kakao Indonesia ke-6 (Foto; Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto menginginkan kinerja industri pengolahan ikan di berbagai daerah dapat terus ditingkatkan sebagai upaya melesatkan nilai tambah produk kelautan dan perikanan nasional.

"Untuk ikan beku, ikan 'filet', udang beku serta industri pengolahan ikan lainnya harus ditingkatkan lagi," kata Panggah Susanto di Jakarta, Jumat (19/1/2018)

Panggah menginginkan untuk industri pengolahan ikan seperti yang terkait dengan tuna dan sarden kaleng dapat terus meningkat di atas 13 persen pertumbuhannya.

Hal tersebut, lanjutnya, agar pengolahan komoditas sektor perikanan juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang ditargetkan lebih dari 5,5 persen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi industri perikanan.

"Sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan, terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun," kata Presiden ditemui di Jakarta, Rabu (10/1).

Dia menjelaskan arahannya tersebut telah disampaikan kepada Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Menurut Presiden, dirinya mendukung seluruh upaya untuk meningkatkan produksi perikanan di Indonesia, baik tangkap maupun budi daya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Lampung, Muhammad Kadafi

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:18 WIB

Kadin Lampung Tawarkan Pembentukan Tim Percepatan Bandara Internasional Radin Inten II

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Lampung (Pemprov) menawarkan pembentukan Tim Percepatan Internasional Bandara Radin Inten II kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

Official store Unilever Indonesia di Bukalapak

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:13 WIB

Bukalapak Luncurkan Official Store Unilever Indonesia

Bukalapak sebagai online marketplace terbesar di Indonesia, hari ini meluncurkan Official Store Unilever Indonesia. Para pengguna produk Fast Moving Consumer Goods atau FMCG dari brand ternama,…

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:56 WIB

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Akan Komisioning Launcher Gantry untuk Erection Steel Box Girder

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan launcher gantry sebagai alat erection steel box girder. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol…

Aplikasi MAXStream Telkomsel (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:55 WIB

Diunduh Lebih dari 4 Juta Kali dalam Sebulan, MAXstream Hadirkan Mobile Digital Experience

Telkomsel sebagai Licensed Mobile Broadcaster Piala Dunia 2018, telah berhasil menghadirkan rangkaian acara pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut khusus bagi pelanggannya melalui aplikasi…

Aplikasi Tik Tok adakan kompetisi online 'Tik Tok Idola'. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:50 WIB

Aplikasi Tik Tok Berkomitmen untuk Pengembangan Jangka Panjang di Indonesia

Tik Tok baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka secara aktif sedang menjajaki kesempatan untuk bekerjasama dengan sejumlah pemangku kepentingan di Indonesia seperti institusi pemerintah, organisasi…