Jelang Sumut 1, KPU Tunggu Perbaikan Ijazah Sihar Sitorus

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:17 WIB

Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)
Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara masih menunggu perbaikan data ijazah sekolah menengah atas milik Bakal Calon Gubernur Sumut Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus.

"Kami tunggu sampai Sabtu, 20/1/2018 sebagai batas akhir perbaikan," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut Benget Manahan Silitonga di Medan, Jumat (19/1/2018)

Saat mendaftar, kata Benget, Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus hanya menyertakan surat keterangan yang dari pengelola SMA Pangudi Luhur, Jakarta.

Dalam surat keterangan yang ditandatangani pimpinan SMA Pangudi Luhur, dijelaskan bahwa bakal cagub yang didukung PDI Perjuangan dan PPP itu pernah sekolah dan lulus dari sekolah swasta tersebut.

Surat keterangan tersebut, menurut dia, belum mencukupi untuk dinyatakan telah melengkapi syarat pencalonan. Oleh karena itu, KPU Provinsi Sumut meminta Sihar Sitorus untuk melakukan perbaikan hingga 20 Januari 2018.

Jika ijazah aslinya hilang, Sihar Sitorus harus mampu menyiapkan penggantinya berupa surat keterangan pengganti ijazah dari instansi terkait.

Ketentuan itu sesuai dengan isi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 29 Tahun 2014 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Setelah itu, KPU Provinsi Sumut akan melakukan penelitian dan mempelajari kembali berkas perbaikan yang diberikan bakal cagub yang berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat tersebut.

Ketika dipertanyakan tentang sikap KPU saat pendaftaran, Benget Manahan Silitonga menyatakan bahwa pihaknya hanya memeriksa ada atau tidaknya keterangan mengenai sekolah bakal calon yang mendaftar.

"Saat menerima dukungan, kami hanya mengecek ada atau tidak (dokumennya)," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.