Ketua MPR Pastikan Pancasila Jamin Kesetaraan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:25 WIB

Ketum PAN, Zulkifli Hasan
Ketum PAN, Zulkifli Hasan

INDUSTRY.co.id - Kuningan- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai demokrasi Pancasila yang dianut Indonesia menjamin kesetaraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga implementasinya dibutuhkan saat ini.

"Pasal 33 UUD 1945 menyebutkan bahwa kekayaan alam digunakan untuk semua masyarakat bukan sekelompok orang. Itu artinya demokrasi Pancasila menjamin kesetaraan dan keadilan," kata Zulkifli saat memberikan materi sosialisasi empat pilar MPR di hadapan kader PAN se-Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018)

Dia mengingatkan prinsip kesetaraan dan keadilan tersebut saat ini seolah-olah mulai hilang karena yang muncul kegaduhan, saling mencela, dan saling benci.

Zulkifli juga menyoroti sikap saling benci yang ditujukan kepada umat Islam karena seolah-olah Islam menjadi ancaman lalu menimbulkan Islamphobia.

"Apakah Indonesia merdeka tanpa umat Islam? Tidak mungkin. Karena 85 persen rakyat Indonesia beragama Islam," ujarnya.

Ketua Umum DPP PAN itu, juga menyoroti terjadinya kesenjangan politik yang terjadi yaitu apa yang menjadi harapan masyarakat, namun tidak dipenuhi partai politik.

Dia mencontohkan kepala daerah yang diajukan parpol namun ketika menjabat malah berbuat korupsi sehingga hal itu membuat ketidakpercayaan kepada partai.

"Dalam sebulan ada enam kepala daerah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. Lalu sudah ada 300 lebih bupati/wali kota terjerat dan 18 gubernur, itu membuat publik tidak percaya partai," katanya.

Selain itu, dia mengingatkan bahwa perjuangan mewujudkan agenda reformasi belum selesai karena demokrasi yang hendak dicapai bertujuan mewujudkan kesetaraan, keadilan, keberpihakan kepada rakyat tanpa kompromi.

Zulkifli mencontohkan masih terjadinya intoleransi dalam bidang ekonomi misalnya masih terlihatnya kesenjangan antara Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa.

"Coba bayangkan, satu persen orang kaya di Indonesia menguasai 70 tanah dalam bentuk konsesi, penguasaan lahan tambang emas dan nikel," ujarnya kepada awak media.

Ketua Umum DPP PAN itu mengatakan kesenjangan tersebut bisa menunculkan kecemburuan sehingga kalau tidak bisa diatasi akan mengarah pada ketidakpercayaan.

Kedua, menurut dia, mulai munculnya ketidakpercayaan sosial sehingga perlu diakhiri sikap saling curiga, saling menghujat, dan saling memecah belah.

Dia mengingatkan pertarungan dalam pilkada, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden merupakan pertarungan antaranak bangsa sehingga tidak perlu ada konflik di masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…