Fundamental Ekonomi Nasional Kuat, Kinerja IHSG Tahun Politik Positif

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Januari 2018 - 20:16 WIB

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)
Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bursa Efek Indonesia optimistis kinerja indeks harga saham gabungan pada 2018 yang merupakan tahun politik akan tetap membukukan hasil positif.

"Secara historis pada tahun politik sebelumnya, market kita tidak terpengaruh dengan situasi itu. Jadi kita berharap juga terjadi pada tahun ini dan 2019," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Jumat (19/1/2018)

Ia mengatakan bahwa dengan fundamental ekonomi nasional yang kuat maka diharapkan juga kinerja industri pasar modal dapat lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Dan investor akan tetap menempatkan dana investasi di dalam negeri.

Ia menambahkan bahwa fokus pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur hingga pendidikan akan memberikan efek positif jangka panjang bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Kendati demikian, ia mengharapkan, stabilitas politik dan keamanan negara dapat terjaga, itu akan menambah kepercayaan kepada investor untuk menempatkan dana investasinya di dalam negeri.

Sementara itu dalam Riset Reliance Sekuritas Indonesia, dipaparkan, kondisi politik dan keamanan diyakini masih akan kondusif hingga menjelang Pemilu 2019 mendatang. Secara umum pasar saham dan surat utang (obligasi) di dalam negeri masih dapat melanjutkan kinerja positifnya.

Dikemukakan juga, agenda penting di dalam negeri pada periode 2018-2019 diantaranya Asian Games pada Agustus 2018, pertemuan IMF dan Bank Dunia pada Oktober 2018, dan Pemilu Presiden pada 2019, berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.